Bank Indonesia: Sudah Coba Belanja Lewat Televisi? Jessica Tanoesoedibjo: Kami Hadirkan QRIS di TV!

MNC Media · Rabu, 21 April 2021 - 14:14:00 WIB
Bank Indonesia: Sudah Coba Belanja Lewat Televisi? Jessica Tanoesoedibjo: Kami Hadirkan QRIS di TV!
Managing Director MNC Teknologi Nusantara (SPIN PAY). (Foto: MNC Media).

JAKARTA, iNews.id - Kini menonton televisi bisa sambil belanja menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) atau standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia (BI).

"Nonton acara kesayangan di televisi bisa sambil bertransaksi? Kehadiran QRIS di layar kaca jadi #bermakna dalam kemudahan bertransaksi sehari-hari ya. #SobatRupiah sudah coba beli barang atau berdonasi #pakaiQRIS dengan scan langsung di layar televisi? Kalau sudah ada yang coba, sudah dipakai buat apa nih QRIS-nya?," bunyi pernyataan BI, di laman Instagramnya. 

BI juga menuliskan, Kesuksesan QRIS Beri Makna untuk Perekonomian Indonesia. Sejak diluncurkan pada HUT Kemerdekaan RI ke-74, Bank Indonesia (BI), QRIS berkembang sangat pesat. 

Tahun lalu, Bank Indonesia  telah menyambungkan 5,8 juta merchant secara nasional. Pada 2021, BI menargetkan merchant pengguna QRIS dapat meningkat 2 kali lipat, sehingga mencapai angka 12 juta pengguna.

QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjag​a keamanannya. 

Melalui akun Instagram, BI bertanya bagaimana pengalaman para pengguna QRIS berbelanja lewat televisi. 

"#SobatRupiah sudah coba beli barang atau berdonasi #pakaiQRIS dengan scan langsung di layar televisi? Kalau udah ada yang coba, udah dipakai buat apa nih QRIS," tanya BI. 

Pertanyaan itu mengundang rasa penasaran netizen untuk mencobanya. "Wah, jadi pengen coba deh," kata @millyyy_07.

Berbelanja lewat televisi, adalah terobosan pertama di dunia yang dipelopori MNC Group.

"Kami juga menghadirkan QRIS di layar TV. Jadi, sambil nonton TV, akan muncul QRIS, langsung scan QRIS di layar TV menggunakan uang elektronik, dan langsung belanja dan dikirim ke rumah dijamin aman. Ternyata respons viewers sangat baik. Karena itu, kita sangat mendukung Bl dalam pengembangan QRIS," kata Jessica Tanoesoedibjo, Managing Director MNC Teknologi Nusantara (SPIN PAY) di laman Instagram Bank Indonesia.

Seperti diketahui, masyarakat dapat melakukan pembelanjaan sebuah produk hanya dengan scan barcode QRIS pada program-program unggulan yang ditayangkan stasiun TV yang tergabung dalam MNC Group.

Terobosan MNC Group itu ditujukan untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam melakukan transaksi pembelanjaan. 

MNC Group sendiri, memiliki Smart Payment Indonesia (SPIN) yang semakin memudahkan masyarakat bertransaksi. Hadir dengan tampilan baru, aplikasi pembayaran yang dikembangkan MNC Group ini bisa digunakan untuk transaksi dimanapun, plus bonus poin.

SPIN Pay saat ini sudah memiliki tiga izin usaha dari Bank Indonesia yaitu e-money, e-wallet, dan digital remittance. SPIN Pay bisa diunduh di Appstore dan Playstore. 

PT MNC Teknologi Nusantara --unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP)-- terus mengembangkan Smart Payment Indonesia (SPIN Pay) lewat berbagai inovasi.

Tahun ini, target pengguna aplikasi sebanyak 2 juta user, naik dari jumlah pengguna saat ini sekitar 300.000.

SPIN akan memaksimalkan ekosistem MNC Group yang memiliki userbase sangat besar, termasuk pelanggan Pay TV MNC Group yang saat ini di atas 8 juta. 

Pada akhir tahun 2021, pelanggan Pay TV MNC Group diperkirakan di atas 10 juta, selanjutnya diproyeksikan naik menjadi 13 juta pada 2022 dan 16 juta pada 2023.  

Selain itu, akan mengoptimalkan konversi 200 juta lebih userbase MNC Group menjadi nasabahnya.   

Seluruh userbase MNC Group, termasuk televisi, portal dan media sosial yang mencapai lebih dari 200 juta userbase, terbesar di Tanah Air.

Editor : Jeanny Aipassa