Bank Raya Dukung Transformasi di Perayaan 50 Tahun TMII, Hadirkan Opsi Pembayaran Cashless
JAKARTA, iNews.id - PT Bank Raya Indonesia Tbk (AGRO), bank digital bagian dari BRI Group, menjadi sponsor utama di gelaran ulang tahun ke-50 Taman Mini Indonesia Indah (TMII) 2025 "Pesta Rakyat Nusantara".
Mengusung tema "Jelajah Cerita Baru 50 Tahun TMII Bersama Bank Raya", acara ini digelar selama 10 hari mulai 18-27 April 2025, yang menargetkan kehadiran lebih dari 200.000 pengunjung, dan menjadi simbol transformasi TMII menuju destinasi budaya yang inklusif, dinamis, dan inovatif.
Bank Raya hadir mendorong adopsi transaksi digital di masyarakat dengan menghadirkan opsi pembayaran cashless untuk berbagai tenant dan UMKM untuk memudahkan pengunjung dalam bertransaksi selama acara berlangsung.
Selain itu, Bank Raya juga menyuguhkan berbagai program promosi menarik yang dapat dinikmati oleh pengunjung Pesta Rakyat Nusantara.
Direktur Bisnis Bank Raya Kicky Andrie Davetra mengatakan, perusahaan memberikan dukungan penuh pada gelaran Pesta Rakyat Nusantara tahun ini dengan menghadirkan kemudahan transaksi menggunakan Raya App bagi para pengunjung.
“Kami juga memperkenalkan QRIS Bank Raya pada beberapa tenant di booth bazar UMKM. Sehingga para UMKM dapat melayani konsumen dengan lebih baik dengan fitur QRIS Bank Raya, dan pengunjung dapat bertransaksi lebih mudah karena tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar untuk berbelanja,” ujar Kicky dalam keterangannya di TMII, Jakarta, Minggu (20/4/2025).

Di samping menghadirkan kemudahan bertransaksi, Bank Raya juga menyuguhkan berbagai konten menarik yang dapat dinikmati pengunjung di sepanjang pelaksanaan Pesta Rakyat Nusantara.
Perusahaan juga menyediakan hadiah menarik untuk setiap pembukaan rekening Bank Raya di booth Bank Raya, berbagai program cashback untuk transaksi di berbagal tenant, antara lain seperti UMKM di area bazar dengan cashback 50 persen up to Rp15.000 di 30 tenant F&B dan Food Truck, cashback 50 persen up to Rp20.000 untuk bertransaksi di wahana Kidzania Go, cashback 50 persen up to Rp20.000 untuk transaksi di Perdana Ria, dan cashback 20 persen untuk bertransaksi di HMNS Perfume.
Di samping itu, bagi pengunjung yang menabung Rp100.000 juga berkesempatan untuk mendapatkan best view/spot khusus di puncak acara Pesta Rakyat Nusantara.
Ratri Paramita Direktur Komersial Taman Mini Indonesia Indah mengatakan pihaknya menyambut baik dukungan Bank Raya dalam gelaran 50 tahun HUT TMII Pesta Rakyat Nusantara.
Dia berharap, terdapat kemudahan dalam transaksi cashless para pengunjung, sehingga ratusan ribu pengunjung akan semakin mudah untuk menikmati berbagai wahana dan bertransaksi di berbagai tenant.

“Pengunjung dapat memanfaatkan Raya App tanpa harus membawa uang tunai dalam jumlah banyak sehingga lebih aman dan praktis. Dukungan digitalisasi transaksi juga bagian dari semangat yang kami hadirkan dalam transformasi TMII menuju destinasi budaya yang Inklusif, dinamis, dan inovatif,” kata Ratri.
Bank Raya juga aktif memperkenalkan kepada ratusan ribu pengunjung Pesta Rakyat Nusantara tentang kemudahan menggunakan Raya App untuk kebutuhan transaksi perbankan sehari-hari mulai dari fitur Saku Raya yang meliputi Saku Bujet untuk membantu memisahkan tabungan kebutuhan sehari-hari.
Lalu, Saku Pintar untuk menabung pintar secara otomatis setiap bulannya, Saku Jaga untuk mempersiapkan dana darurat, Saku Bareng untuk menabung kolektif, serta Saku Bisnis untuk membantu pengelolaan keuangan dan operasional pelaku usaha.
“Dengan dukungan teknologi saat ini, buka rekening Raya App saat ini juga sangat cepat yaitu kurang dari 4 menit,” tuturnya.
Kemudahan lainnya yang dihadirkan di Raya App yaitu nasabah dapat bertransaksi praktis dengan QRIS Bank Raya, membeli pulsa dan paket data, pembelian token listrik dan pembayaran tagihan listrik, pembayaran kartu kredit, pembayaran internet dan TV kabel dan Virtual Account.
Selain itu, nasabah juga dapat melakukan setor dan tarik tunai di ATM BRI serta Agen BRILink di seluruh Indonesia, dan juga tarik tunai di jaringan Indomaret.
Melalui serangkaian inovasi yang dilakukan dalam setahun terakhir, hingga Desember 2024 pengguna Raya App tercatat sekitar 1 juta nasabah, jumlah tersebut naik 21 persen (yoy). Penggunaan transaksi Raya App meningkat menjadi lebih dari 4 juta transaksi dengan kenaikan sebesar 127 persen (yoy.)
"Sebagai bank digital bagian dari BRI Group, semangat kami adalah memberikan akses perbankan yang luas dan relevan bagi masyarakat, sehingga dengan adanya ragam fitur yang ada di Raya App maka pengalaman bertransaksi perbankan digital jadi lebih menyenangkan,” ujar Kicky.
Editor: Aditya Pratama