Bank Sentral Global Peringatkan Bitcoin Bisa Kolaps

Suparjo Ramalan ยท Minggu, 12 September 2021 - 08:15:00 WIB
Bank Sentral Global Peringatkan Bitcoin Bisa Kolaps
Bank sentral global peringatkan Bitcoin bisa kolaps.

STOCKHOLM, iNews.id - Bank sentral global mengeluarkan peringatan tentang utilitas dan volatilitas yang melekat pada aset kripto. Mereka memprediksi Bitcoin bisa kolaps. 

Gubernur Riksbank Stefan Ingves mengatakan, kekhawatiran tetap ada tentang daya tahan Bitcoin, yang merupakan aset digital paling populer di dunia jika tidak didukung oleh pemerintah. 

"Uang private biasanya kolaps cepat atau lambat," kata Gubernur bank sentral Swedia itu, dikutip dari MarketWatch, Minggu (12/9/2021). 

Dia menuturkan, peraturan mata uang kripto, termasuk Bitcoin, Ether, perdagangan di blockchain Ethereum kemungkinan akan meningkat seiring naiknya popularitas aset digital. 

Sementara Gubernur Bank of Mexica Alejandro Diaz de Leon mengatakan, Bitcoin adalah alat untuk barter dibanding alat pembayaran yang sah. Bitcoin, menurut dia, penyimpan nilai yang buruk karena pergerakan harganya yang liar. 

"Siapa pun yang menerima Bitcoin untuk ditukar dengan barang atau jasa, kami percaya itu lebih mirip barter karena orang itu menukar barang dengan barang," katanya, dikutip dari Reuters.  

"Masyarakat tidak mau daya belinya, gajinya naik atau turun 10 persen dari hari ke hari. Anda tidak ingin volatilitas itu untuk daya beli. Dalam hal ini, itu (Bitcoin) bukan perlindungan nilai yang baik,” imbuhnya.

Komentar tersebut muncul setelah Bitcoin secara resmi menjadi alat pembayaran yang sah di El Salvador. Hal tersebut dipandang oleh banyak penggemar Bitcoin sebagai momen penting bagi uang kripto.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: