Batu Bara PTBA Diminati Eropa, Italia Borong Ribuan MT, 2 Negara Ini Proses Penjajakan

Dinar Fitra Maghiszha ยท Selasa, 13 September 2022 - 14:20:00 WIB
Batu Bara PTBA Diminati Eropa, Italia Borong Ribuan MT, 2 Negara Ini Proses Penjajakan
Batu Bara PTBA diminati Eropa, Italia borong ribuan MT, 2 negara ini proses penjajakan. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Produk batu bara kalori tinggi PT Bukit Asam Tbk (PTBA) tak cuma diminati negara Asia, tapi juga Eropa. Sepanjang semester I 2022,  permintaan datang dari sejumlah negara di Eropa. 

"Kita sudah mulai di Italia, dan juga masih ada permintaan dari negara-negara lain," kata Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PTBA Farida Thamrin saat paparan publik, Selasa (13/9/2022).

Adapun nilai ekspor ke Italia mencapai 140.000 metrik ton (MT). Selain Italia, dua negara lain di Eropa, yakni Jerman dan Polandia dikabarkan dalam proses penjajakan.

Direktur Pengembangan Usaha PTBA Rafli Yendra menambahkan, jenis batu bara berkalori tinggi atau high calorie value (HCV) banyak diminati negara Eropa.

"Kebetulan pasar Eropa ini konsumsinya adalah merupakan HCV di atas 6.000 kalori, dan harga jual kita mengacu ke indeks Newcastle," ujarnya.

Kendati beberapa negara Eropa mulai tertarik, namun dominasi ekspor PTBA masih negara-negara Asia Tenggara hingga Asia Selatan. India masih menjadi tujuan ekspor terbesar perusahaan dengan porsi mencapai 18 persen dari total penjualan. Sementara Korea Selatan dengan porsi 4 persen, Thailand sekitar 3 persen, China dan kamboja masing-masing 2 persen dari total penjualan.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda