BBM Naik, Menteri ESDM: Kurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi

Mochamad Rizky Fauzan ยท Sabtu, 10 September 2022 - 09:53:00 WIB
BBM Naik, Menteri ESDM: Kurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, meminta masyarakat hemat Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan cara mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Menurut dia, hal itu bukan hanya bisa menghemat pengeluaran masyarakat, tetapi juga penting untuk menjaga kuota BBM yang tersedia agar tidak jebol. 

"Sekarang diminta kepada semua masyarakat, coba bisa enggak kita coba dengan kesadaran menghemat," kata Arifin, di Hotel Ayana MidPlaza, Jakarta, Jumat (9/9/2022).

Dia mengatakan, dengan kenaikan harga BBM bersubsidi, diharapkan konsumsi BBM masyarakat bisa berkurang. Salah satunya dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi jika tidak mendesak.

Hal itu, lanjutnya, juga akan memberi kontribusi positif pada lingkungan, dengan terciptanya kualitas udara yang lebih baik akibat berkurangnya polusi dari emisi karbon kendaraan. 

"Hemat energi gimana caranya, yang biasanya keluar bensin 3 liter bisa gak 2 liter aja. Ya, kurangin menghirup udara yang polusi dengan Co2," ujar Arifin.

Dia mengungkapkan, asumsi sementara Kementerian ESDM, konsumsi Pertalite akan menjadi 29 juta KL atau naik 6 juta KL. Sementara Solar naik sebesar 2 juta KL menjadi 17 juta KL. 

Kini harga Pertalite menjadi Rp 10.000 per liter dan solar subsidi menjadi Rp 6.800 per liter dan Pertamax menjadi Rp 14.500 per liter.

"Sementara saat ini belum ada kepastian mengenai ada perbaikan gak probability migas internasional. Ini yang kita antisipasi, kalau tidak sangat-sangat besar untuk pemerintah," tutur Arifin.

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda