BBM Naik, Produk Parekraf Diprediksi Meningkat 10-20 Persen, Sandiaga: Kami Siap Berikan Solusi

Cahya Puteri Abdi Rabbi ยท Sabtu, 03 September 2022 - 20:23:00 WIB
BBM Naik, Produk Parekraf Diprediksi Meningkat 10-20 Persen, Sandiaga: Kami Siap Berikan Solusi
Harga BBM naik, produk parekraf diprediksi meningkat 10-20 persen, Menparekraf Sandiaga Uno sebut Kemenparekraf siap berikan solusi. Foto: Kemenparekraf

WONOSOBO, iNews.id - Dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) diprediksi akan berdampak kepada naiknya harga-harga produk pariwisata dan ekonomi kreatif sekitar 10-20 persen. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) RI Sandiaga Uno meminta para pelaku untuk menghitung secara tepat dan cepat sehingga biaya produksinya semakin efisien ke depan. 

Setelah melalui perhitungan yang tepat dan cepat dengan berat hari pemerintah melalui Presiden Joko Widodo (jokowi) mengumumkan penyesuaian atau realokasi dan reorientasi dari subsidi BBM, di mana BBM Pertalite dipatok harganya Rp10.000 dan Solar di harga Rp6.800. 

Sandiaga juga menyampaikan, Kemenparekraf sedang menghitung dampak sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terhadap kenaikan BBM. Namun, dia meyakini bahwa tentunya ini harus disikapi dengan langkah-langkah mitigasi agar tidak semakin meningkat produk-produk ekonomi kreatif. Dia memprediksi kenaikan di level pelaku ekonomi kreatif sekitar 10-20 persen. 

“Jadi, ini perlu kita sikapi bahwa pemerintah hadir memberikan solusi, memberikan pendampingan, dan fasilitasi agar pelaku ekraf ini bisa melalui saat-saat yang sulit ini," ujar dia, dia dalam keterangannya, Sabtu (3/9/2022).

Sandiaga Uno juga menjelaskan bahwa salah satu yang bisa dihadirkan pemerintah adalah memberi insentif. Dia juga memprediksi dalam beberapa bulan ke depan mungkin akan dihadapi sangat berat. 

“Namun kami tidak akan tinggal diam, kami akan terus turun ke lapangan, memberikan masukan namun jika membutuhkan bantuan sosial tentu akan kita percepat prosesnya,” katanya.

Sandiaga juga memberikan tips bagi pelaku parekraf menyikapi kenaikan harga BBM, yang pertama untuk menghitung lagi secara cermat biaya produksi, dan memastikan pastikan biaya produksi ini mengikuti daya beli masyarakat. 

“Kemudian para pelaku parekraf juga harus perluas jejaring, perkuat sisi keuangan membangunpermodalan keuangan bisa kita hadirkan,” ujarnya.

Sandiaga juga menanggapi sindiran sejumlah pengurus Partai Gerindra soal kesiapannya nyapres pada 2024. Menurut Sandiaga, dia merupakan kader yang loyal terhadap partai. Dia juga pernah mengikuti kontestasi politik pada 2017 dan 2019. Sementara itu hubungannya dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sangat dekat dan erat. 

Adapun, komunikasi dengan Menteri Pertahanan itu disebut Sandiaga juga lancar. Dia menjelaskan, dunia politik memang sangat dinamis, sehingga perlu disikapi dengan menjunjung tinggi etika dan persahabatan.

“Saya salah satu kader Gerindra yang karena bertetangga dengan Pak Prabowo, banyak sekali berinteraksi dengan beliau,” ujarnya. 

Seperti diketahui, rumah Prabowo terletak di Jalan Kertanegara, sedangkan Sandiaga Uno rumahnya terletak di kawasan Senopati yang sama-sama berada di wilayah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Bahkan, kantornya dengan Prabowo Subianto bersebelahan di Jalan Merdeka Barat.

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda