Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : HUT ke-36, MNC Group Beri Pelatihan 36 Pegiat UMKM agar Mampu Bersaing di Era Digital
Advertisement . Scroll to see content

Begini Strategi BRI Bikin Pengusaha Ultra Mikro Naik Kelas

Rabu, 26 Januari 2022 - 19:39:00 WIB
Begini Strategi BRI Bikin Pengusaha Ultra Mikro Naik Kelas
Ilustrasi pelaku UMKM sedang memproduksi karya kerajinan rotan. (Foto: ANTARA)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id Pandemi Covid-19 membuat ekonomi masyarakat terpuruk. Sebagian pelaku usaha di Tanah Air pun terpaksa menutup bisnis mereka akibat terdampak berbagai pembatasan sosial selama masa sulit itu.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI berusaha mengambil peran untuk meminimkan dampak buruk pandemi itu. Salah satu caranya yaitu dengan mengembangkan ekosistem ultra mikro untuk memajukan perekonomian bangsa.

Ultra mikro adalah jenis usaha perorangan yang skalanya lebih kecil lagi dibandingkan dengan usaha mikro. Pada umumnya, para pelaku usaha di segmen ini belum tersentuh akses keuangan atau pendanaan.

Corporate Secretary BRI, Aestika Oryza Gunarto menuturkan, pengembangan ekosistem ultra mikro menjadi bagian dari strategi BRI dalam memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk tumbuh berkelanjutan. 

“Prinsipnya adalah melayani masyarakat sebanyak mungkin, dengan biaya seefisien mungkin,” ungkapnya dalam pembukaan tahap Journalist on Site Program BRI Fellowship Journalism 2021, yang digelar secara daring, akhir pekan lalu.

Dia mengatakan, pada 2018 saja, ada sekira 45 juta nasabah ultra mikro yang membutuhkan pendanaan tambahan. Dari jumlah tersebut, baru 15 juta nasabah yang dapat dilayani oleh lembaga keuangan formal seperti bank, jasa gadai, pinjaman kelompok, BPR, dan industri tekfin (teknologi finansial).

Sementara, 12 juta nasabah lainnya dilayani oleh rentenir dan kerabat atau keluarga mereka. Adapun sisanya yang 18 juta nasabah lagi belum mendapatkan akses pendanaan sama sekali. 

“Potensi ultra mikro yang sangat besar ini dapat memperkuat core competence (kompetensi utama) BRI di segmen mikro dan kecil,” tutur Aestika.

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut