Belum Terima THR dari Perusahaan? Ini 4 Solusinya dari Kemnaker
JAKARTA, iNews.id - Kementerian Ketenagakerjaan mengimbau perusahaan paling lambat membayar Tunjangan Hari Raya (THR) karyawan H-7 Lebaran atau pada 4 April kemarin. Jika belum terima THR hingga saat ini ada solusi yang diberikan.
Melansir Instagram resmi Kemnaker, karyawan yang belum menerima THR haru memerhatikan beberapa hal. Pertama adalah mengecek kalender.
“Pertama, cek lagi kalendermu. Sudah tahu belum bahwa perusahaan wajib membayar THR paling lambat H-7 sebelum Lebaran? Itu lho, batas akhir yang tidak boleh dilewatkan,” tulis keterangan dikutip iNews.id, Minggu (7/4/2024).
Kemudian, karyawan diminta untuk menghubungi HR atau atasan dan menanyakan kabar THR yang belum turun tersebut. Sebab, komunikasi adalah cara terbaik.
Lalu, cara ketiga bisa diambil ketika belum ada jawaban yang tak kunjung keluar. Maka, hal yang perlu diperhatikan adalah segera melaporkan hal tersebut ke posko THR Kemnaker.
“Jika jawaban masih menggantung, waktunya untuk mengambil langkah lebih serius. Draft email pengaduan ke Posko THR Kemnaker atau Dinas Tenaga Kerja. Jangan lupa, buktikan dengan data dan fakta yang kamu miliki,” ucapnya.
Terakhir adalah mengumpulkan segala bukti, mulai dari dokumen hingga rekaman perbicaraan yang menguatkan laporan ke Kemnaker demi memperjuangkan THR
“Kumpulkan bukti! Semua dokumen, slip gaji, hingga percakapan dengan HR atau bagian keuangan. Ini akan sangat berguna, percayalah!” bunyi keterangan.
Semoga informasi di atas bisa membantu ya!
Editor: Puti Aini Yasmin