Bermitra dengan Oracle, TikTok Minta Izin Pemerintah China

Djairan ยท Kamis, 24 September 2020 - 21:20 WIB
Bermitra dengan Oracle, TikTok Minta Izin Pemerintah China

ByteDance, perusahaan penyedia TikTok mengajukan izin kepada pemerintah China soal kerja sama dengan dua perusahaan AS, Oracle dan Walmart. (Foto: ilustrasi/Okezone)

BEIJING, iNews.id - ByteDance, perusahaan penyedia TikTok mengajukan izin kepada pemerintah China soal kerja sama dengan dua perusahaan AS, Oracle dan Walmart. Kerja sama itu mengharuskan TikTok melakukan transfer teknologi.

ByteDance telah mengajukan proposal ekspor teknologi ke Kementerian Perdagangan. Pasalnya, China baru saja merevisi pengetatan ekspor teknologi di negara lain.

“ByteDance perlu memberikan lisensi kepada TikTok untuk menggunakan perangkat lunak dan teknologi, di mana itu merupakan bentuk ekspor teknologi, oleh sebab itu harus mengikuti hukum kontrol ekspor China," ujar Pengacara Perdagangan dari GSC Potomac, Zhaokang Jiang dikutip dari Bloomberg, Kamis (24/9/2020).

TikTok terdesak di tengah ketegangan Washington dan Beijing yang terus meningkat. Beberapa waktu lalu, ByteDance sepakat dengan Oracle dan Walmart untuk membentuk perusahaan baru, TikTok Global. Kesepakatan itu dilakukan setelah Presiden AS Donald Trump mengancam akan memblokir TikTok

Sementara China baru akan menyetujui kerja sama tersebut jika ByteDance memegang kendali utama atas teknologi. Media pemerintah China menyebut, pemerintah Negeri Tirai Bambu itu menentang kesepakatan itu karena tuntutan pemerintahan Trump yang meminta kendali atas data dan teknologi TikTok di tangan AS.

Editor : Rahmat Fiansyah