Besok Penetapan Dirut Bank Mandiri, Ini Calonnya

Rina Anggraeni ยท Selasa, 20 Oktober 2020 - 16:07:00 WIB
Besok Penetapan Dirut Bank Mandiri, Ini Calonnya
PT Bank Mandiri Tbk (Persero) akan menentukan direktur utama (dirut) yang ditinggalkan Royke Tumilaar ke BNI dalam RUPSLB. (Foto: Ilustrasi/Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Mandiri Tbk (Persero), Rabu (21/10/2020). Agenda utama rapat tersebut adalah penentuan kursi direktur utama (dirut) yang ditinggalkan Royke Tumilaar ke PT Bank Negara Indonesia Tbk.

Saat ini, ada tiga nama calon dirut Mandiri. mereka berasal dari kalangan internal dan eksternal. "Ada tiga calon dirut Mandiri," ujar Kartika Wirjoatmodjo, baru-baru ini.

Saat ini, pemilihan dirut perusahaan BUMN dilakukan berdasarkan Tim Penilaian Akhir (TPA). Hal tersebut tertuang Perpres Nomor 177 Tahun 2014 tentang Tim Penilai Akhir, Pengangkatan, Pemindahan, dan Pemberhentian dalam dan dari Jabatan Pimpinan Tinggi Utama dan Pimpinan Tinggi Madya. Disebutkan dalam Pasal 3, TPA mempunyai tugas membantu presiden dalam memilih dan menetapkan calon pimpinan tinggi utama dan pimpinan tinggi madya

Salah satu kandidiat adalah Wakil Dirut Bank Mandiri Hery Gunardi yang menjadi pelaksana tugas (Plt) dirut sejak ditinggal Royke Tumilaar. Dia menjadi salah satu kandidat internal.

Editor : Dani Dahwilani

Halaman : 1 2