Bikin Geger, Pedagang Kelontong Ini Beli Mobil Pakai Uang Logam Rp1.000 yang Ditabung dalam Toples Permen

Azhari Sultan ยท Senin, 03 Oktober 2022 - 20:21:00 WIB
Bikin Geger, Pedagang Kelontong Ini Beli Mobil Pakai Uang Logam Rp1.000  yang Ditabung dalam Toples Permen
Agus Rianto, seorang pedagang kelontong di Jambi, membeli mobil dengan menggunakan uang logam Rp1.000 yang ditabungnya di dalam toples permen. (foto: MPI/Azhari Sultan)

JAMBI, iNews.id - Agus Rianto, seorang pedagang kelontong di Jambi, membuat geger karyawan Toyota Sipin, di kota itu, pada Senin (3/10/2022). Pasalnya, Agus Rianto datang untuk membeli mobil dengan menggunakan uang logam Rp1.000 yang ditabungnya dalam toples permen.  

Agus Rianto datang bersama  istrinya, Emilia, beserta anak mereka, Divan, ke kantor Toyota Sipin dengan menggunakan motor sambil membawa karung. Setelah diterima dengan ramah dan ditanya maksud kedatangannya, barulah diketahui bila mereka ingin membeli satu unit mobil yang menjadi idaman keluarga selama ini.

Namun yang membuat terkejut, pasutri yang berprofesi sebagai pedagang kelontong di kawasan Telanaipura, Kota Jambi, itu ternyata hendak membayar mobil yang dibeli dengan uang logam Rp1.000 yang disimpan di toples permen. Uang logam dalam toples permen itu dimasukkan dalam karung yang dibawa Agus dan anaknya ke kantor Toyota Spin sambil mengendarai motor.

Sontak saja, sekitar 20 orang karyawan kantor Toyota Spin sibuk menghitung uang recehan ratusan juta rupiah tersebut. "Tidak masalah bang, selagi uangnya masih berlaku," tutur Rika Maharani, salah satu sales marketing Toyota Spin, Senin (3/10/2022).

Rika mengaku terkejut didatangi konsumen yang membeli mobil dengan menggunakan uang logam receh pecahan Rp1.000. Menurutnya, hal itu baru pertama kali terjadi di kantor Toyota Spin. 

"Ini baru pertama kali terjadi, sebelumnya belum ada yang beli mobil dengan cara begini," ungkap Rika.

Para karyawan Toyota Spin Kota Jambi pun semangat menghitung uang logam yang dibawa Agus Rianto. Proses penghitungan uang recehan bernilai ratusan juta tersebut selesai dalam 4 jam.

Sedangkan Agus Rianto mengatakan, uang koin Rp1.000 yang di bersama istri dan anaknya ditabung selama dua tahun ini.

"Kita kumpulkan sekitar dua tahun bang dari hasil berdagang kelontongan para pembeli yang membeli dengan uang recehan nominal Rp1.000," katanya.

Pengumpulan uang yang sering dianggap orang recehan dan sering diremehkan ini, bukan tanpa alasan. Semua itu, terinspirasi dari anaknya yang tidak mau diberi uang recehan untuk jajan.

"Terinspirasi dari anak pertamanya, yakni Divan yang selalu membuang uang jajan kalau diberi uang recehan Rp1.000," ujar Agus Rianto.

Diakuinya, pembelian barang berharga ini bukan pertama kali dilakukan keluarganya. "Sebelumnya, kami selalu mengumpulkan uang logam recehan, yakni untuk beli hp anak seharga Rp3 jutaan," ungkap Agus Rianto.

Sebelum berkeinginan untuk beli mobil, Agus dan istri serta anaknya berniat untuk membeli motor.  "Rencananya mau beli motor, karena sudah ada, akhirnya keluarga sepakat untuk beli mobil baru. Ini harganya setelah di diskon Rp5 juta menjadi Rp168 jutaan," tutur Agus Rianto.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda