Bikin Koperasi, Tukang Bakso di Bekasi Siap Naik Kelas

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 17 Februari 2022 - 04:44:00 WIB
Bikin Koperasi, Tukang Bakso di Bekasi Siap Naik Kelas
Vice President BRI Wilayah Jakarta 2, Prasetya Sayekti (berdiri, mengenakan batik) menyampaikan pemaparan kepada para anggota Paguyuban Pedagang Mi dan Bakso (Papmiso) Kota Bekasi, Rabu (16/2/2022). (Foto: Istimewa)

BEKASI, iNews.id – Para pelaku UMKM yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Mi dan Bakso (Papmiso) Kota Bekasi sepakat membentuk koperasi. Langkah itu diharapkan mampu menjembatani mereka memperoleh akses pembiayaan yang lebih mudah lewat perbankan.

Pada Selasa (15/12/2022) lalu, para anggota Papmiso Kota Bekasi sudah bertemu langsung dengan Menteri BUMN Erick Thohir dan Regional CEO Jakarta 2 BRI, Prasetyo Sayekti, di Cikarang Bekasi, Jawa Barat. Dalam kesempatan itu, mereka mengeluhkan masih sulitnya akses Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi para pelaku UMKM, khususnya tukang bakso.

“Sebagai tindak lanjut pertemuan dengan menteri BUMN, kebijakan terkait KUR sudah disampaikan oleh Pak Prasetya langsung kepada kami agar tidak simpang siur informasinya,” ungkap Ketua Papmiso Kota Bekasi, Maryanto, Rabu (16/2/2022).

“Dan alhamdulillah anggota Papmiso Kota Bekasi sudah punya rekening BRI. Artinya, kemudahan ini akan kami sampaikan ke teman-teman kami yang masih membutuhkan tambahan biaya yang akan dibantu Bank BRI,” kata pria yang akrab disapa Mas Yanto itu. 

Dia menjelaskan, pembentukan Koperasi Papmiso menjadi jembatan dalam proses peminjaman dana bagi para anggota yang membutuhkan modal usaha. Tak hanya pembiayaan, kata dia, koperasi bersama BRI ke depannya juga akan mendampingi para pedagang agar bisa mendapatkan bahan baku daging untuk pembuatan bakso dengan harga yang bersaing.

“Kebetulan di BRI juga ada nasabah yang notabene  importir daging. Ya itulah, kami dikasihkan link untuk bertemu kepada importir itu agar mendapatkan harga yang kompetitif,” kata Mas Yanto.

Dengan adanya kemudahan akses pembiayaan dan pendampingan dari BRI, usaha para pedagang yang tergabung dalam Papmiso Kota Bekasi diharapkan bisa naik level ke segmen yang lebih tinggi.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda