Bill Gates Kecewa Warga AS Abaikan Covid-19

Rahmat Fiansyah ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 09:10 WIB
Bill Gates Kecewa Warga AS Abaikan Covid-19

Founder Microsoft, Bill Gates. (Foto: AFP)

SAN FRANSISCO, iNews.id - Orang terkaya kedua di dunia, Bill Gates kecewa dengan pemerintah Amerika Serikat (AS) dan sebagian warganya yang mengabaikan Covid-19. Dia mengatakan, banyak orang meremehkan status pandemi virus corona.

Gates mengungkapkan perkembangan kasus Covid-19 kini sangat suram. Kondisi itu, kata dia, tak hanya terjadi di AS, tetapi juga dunia.

"Ini lebih suram daripada yang saya bayangkan, karena perilaku kita dan kegagalan dalam melacak penyebaran (di AS), kita kembali memiliki penyebaran kasus yang besar, dan itu memalukan," katanya dikutip dari CNBC, Minggu (28/6/2020).

Pendiri Microsoft itu mengkritik pemerintah AS yang disebutnya mengalami krisis kepemimpinan karena tidak mampu memberikan pesan dan koordinasi yang jelas soal pandemi. Warga hingga kini masih bingung soal kewajiban penggunaan masker dan tata cara karantina mandiri.

"Perilaku warga AS saat ini, sebagian orang sangat hati-hati, dan sebagian lainnya mengabaikan epidemi, dan jumlahnya itu sangat besar," ujar Gates.

Kondisi tersebut semakin diperburuk dengan politisasi kasus Covid-19 terutama terkait pemilu AS. "Sebagian orang merasa ini (Covid-19) ini semacam politik, yang tentu saja mengecewakan," katanya.

Di satu sisi, Presiden Donald Trump menolak memakai masker. Saat kampanye indoor di Tulsa beberapa waktu lalu, dia mengatakan orang-orang bebas untuk mengenakan apa pun. Di sisi lain, lawannya Joe Biden berjanji akan mewajibkan penggunaan masker jika terpilih menjadi presiden AS.

"Anda tahu, kita sebenarnya diuntungkan dari musim panas. Penyebaran akan lebih buruk saat musim dingin nanti," ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah