BNI Tawarkan Solusi dan Literasi Keuangan untuk UMKM Go Global
Salah satunya, adanya kerja sama yang terjalin bersama BNI yang berada di London. Pasalnya, selain kualitas produk dan promosi, akses keuangan berperan penting bagi UMKM terutama dari sisi permodalan dan transaksi.
"KBRI menjadi fasilitator, memberikan masukan soal peluang dan hambatan yang biasanya dihadapi pelaku usaha Indonesia. Kemudian Business Matching dengan calon buyer dari Inggris untuk produk unggulan seperti rempah, furnitur, kayu, dan teskstil," ujar Desra.
Dia mengakui, Indonesia masih kurang dikenal yang menjadi salah satu tantangan. Hal ini membuat diaspora yang berada di Inggris Raya memiliki peran penting dalam upaya promosi dan pengenalan produk Indonesia.
"Ada 70 diaspora Indonesia yang bergerak di bidang seni kebudayaan, jasa, kuliner yang membentuk ISME UK sehingga mereka bisa mempromosikan produknya. Kemudian memfasilitasi perluasan jejaring UMKM agar sesuai dengan kebijakan pemerintah dan pasar Inggris, hingga pembiayaan kredit dengan dukungan BNI," ucapnya.
Adapun, General Manager BNI London Roekma Hari Adji mengungkapkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di masa mendatang akan terus berkembang, terutama dengan pesatnya perkembangan digital. Melihat hal itu, BNI dengan senantiasa memberikan sebuah solusi dan literasi keuangan agar UMKM bisa bangkit dan menembus pasar global.