Bos Pertamina Sebut Kriteria Mobil dan Motor Penerima BBM Subsidi Terbit Bulan Ini

Suparjo Ramalan ยท Rabu, 06 Juli 2022 - 15:27:00 WIB
Bos Pertamina Sebut Kriteria Mobil dan Motor Penerima BBM Subsidi Terbit Bulan Ini
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. (Foto: dok SINDO)

JAKARTA, iNews.id - PT Pertamina (Persero) memastikan kriteria kendaraan roda dua dan empat baik umum dan pribadi yang berhak mendapat BBM subsidi akan diterbitkan akhir Juli 2022. Kriteria ini ditetapkan dan diterbitkan oleh pemerintah. 

Adapun kriteria kendaraan penerima BBM subsidi jenis Pertalite dituangkan dalam hasil revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM). Pembaharuan regulasi tersebut menyusul adanya ketidakjelasan kriteria kendaraan penerima BBM bersubsidi dalam aturan sebelumnya. 

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, Perpres tersebut saat ini dalam proses harmonisasi di kementerian terkait. 

"Proses finalisasi akan keluar bulan ini, itu pemerintah, harmonisasi antar kementerian," ujar Nicke dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR RI, Rabu (6/7/2022). 

Secara normatif, lanjut Nicke, kriteria kendaraan penerima BBM bersubsidi ditetapkan oleh pemerintah. Sementara, Pertamina sebagai perusahaan pelat merah penyedia BBM hanya akan mengimplementasikan regulasi tersebut. 

Saat ini, Perseroan tengah mengambil langkah persiapan, salah satunya mewajibkan pemilik kendaraan menggunakan aplikasi MyPertamina untuk membeli BBM bersubsidi. Proses ini masih dalam tahap pendaftaran. 

"Dalam hal ini kami akan mengikuti apa yang ditetapkan pemerintah yang dituangkan dalam revisi Perpres tersebut," kata dia.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda