Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Pengalaman Jadi Bagian dari ShopeeVIP: Benefitnya Banyak Banget!
Advertisement . Scroll to see content

BRI Kembali Suguhkan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023

Rabu, 22 November 2023 - 15:12:00 WIB
BRI Kembali Suguhkan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023
BRI dorong pengembangan bisnis para pelaku usaha Indonesia untuk go global melalui pameran BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR. (Foto: dok BRI)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id – Peranan penting UMKM dalam membangun perekonomian Indonesia terus menjadi concern utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI dalam mendukung pengembangan bisnis para pelaku usaha.

Tahun ini, penyelenggaraan pameran BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR menjadi yang ke-5 kalinya dengan mengusung tema “Crafting Global Connection” atau merakit koneksi global.

Dengan spirit mendorong penguatan brand dan bisnis UMKM secara strategis mengikuti perkembangan zaman, diharapkan pelaku usaha semakin fokus dan terpacu untuk memperluas jaringan ke rantai pasok global. Nantinya, BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 akan dilaksanakan secara offline di Jakarta Convention Center (JCC) mulai 7-10 Desember 2023.

Terkait dengan hal terebut, dalam Press Conference UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, Rabu (22/11/2023), Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, UMKM harus banyak mendapatkan kesempatan ekspor dan masuk pasar internasional, mengingat posisi UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.

“Program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR menjadi salah satu langkah konkret BRI sebagai lembaga keuangan yang turut bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia. BRI melihat adanya peluang besar bagi produk-produk Indonesia untuk masuk ke pasar global. Hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain," ucap Sunarso.

Turut hadir dalam acara tersebut, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari, Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani, Lead Kurator BRILIANPRENEUR 2023 Diana Nazir, dan Co-Founder Havilla Tea Ajeng Respati Hapsari selaku perwakilan peserta UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR.

Pada tahun ini, semangat pelaku UMKM di Indonesia meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari animo peserta yang lebih tinggi. Terdapat peningkatan sebesar 168 persen dari tahun sebelumnya dari segi jumlah UMKM pendaftar. Tercatat 3.183 UMKM melakukan pendaftaran melalui website brilianpreneur.com. UMKM yang telah mendaftar pun telah menjalani kurasi hingga terpilih 500 pelaku UMKM yang dihadirkan pada showcase di Jakarta Convention Center.

Aspek kurasi yang dilakukan meliputi desain inovasi produk, dampak sosial dan lingkungan, kemampuan ekspor, pencapaian UMKM, dan apresiasi yang pernah diraih oleh UMKM Pendaftar.

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR edisi kali ini menampilkan UMKM Indonesia yang telah dikurasi dan memenuhi standar global, namun tetap bertumpu pada sumber daya lokal, pemberdayaan komunitas lokal, dan kepedulian lingkungan.

Sementara itu, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto juga mengatakan, untuk mendukung merealisasikan penjualan UMKM secara go global, BRI memiliki enam kantor di luar negeri yang sudah bekerja sama dengan 1.200 bank.

“BRI juga membekali UMKM dengan berbagai pelatihan yang telah diselenggarakan sebelum business matching dilaksanakan. Kami harapkan terjalin komitmen pembelian produk UMKM sehingga dapat semakin memperluas akses pasar global," katanya.

Seperti diketahui, pada UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun lalu, pelaku UMKM berkesempatan menjajaki kerja sama dengan para calon pembeli (buyer) dari berbagai negara melalui business matching.

Untuk tahun ini, rangkaian acara virtual business matching dilakukan pada 27–29 November 2023. BRI pun menargetkan pasar potensial secara virtual dari beberapa negara seperti Jepang, Hongkong, UEA, Taiwan, Malaysia, Korea Selatan, US, Mexico, Canada, Belanda, Italia, Australia, New Zealand, dsb.

Adapun pada pameran tahun ini, BRI mengajak 700 UMKM terkurasi yang meliputi 378 UMKM pendaftar baru, 122 UMKM alumni BRILIANPRENEUR, 6 UMKM binaan perusahaan anak seperti Pegadaian, PNM, dan BRI Ventures, 150 UMKM Local Heroes yang telah menjadi market leader dengan harapan dapat memperluas impact bisnis dan terkoneksi untuk berkolaborasi kepada UMKM lainnya.

Kemudian, 32 UMKM member SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia), 12 UMKM SMExcellence binaan Kementerian Koperasi dan UKM. UKM tersebut berasal dari berbagai daerah yang akan menampilkan produk-produk terbaru dan terbaik mereka.

Pada UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini terdapat lima kategori yakni Home Decor and Craft, Food and Beverage, Accessories and Beauty, dan Fashion and Wastra, serta Healthcare/Wellness.

Nantinya, rangkaian acara yang dapat dinikmati oleh pengunjung maupun UMKM di antaranya showcase 512 UMKM terkurasi, inspiring talkshow, live shopping e-commerce, fashion show, shopping race, music performance, pojok konsultasi, foto produk gratis, UMKM Awards, Business Matching Award, Championship dan aktivasi-aktivasi menarik pada saat acara misalnya lomba cipta local, workshop karya local, mix and match, make over stylist, dan masih banyak hal menarik lainnya.

Salah satu peserta UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, Co-Founder Havilla Tea Ajeng Respati Hapsari menyampaikan, kegiatan ini memberikan banyak manfaat termasuk mendapatkan bekal wawasan.

“Kami mendapat pengetahuan hingga tips dan trick dalam menghadapi buyer internasional sehingga bisa dijadikan potensi sebagai pelanggan tetap,” ujarnya.

Selain itu, Lead Kurator UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 Diana Nazir juga mengungkapkan, proses kurasi BRILIANPRENUER tahun ini cukup panjang.

“Kami telah melalui beberapa tahapan, baik administrasi, melihat langsung atau mencoba makanan atau produk secara langsung, serta interview dengan pemilik usaha. Kami telah meloloskan UMKM yang siap dan layak masuk ke pasar global, tidak hanya dari aspek desain dan kemasan, tapi juga memenuhi syarat legalitas dan sertifikasi dari tiap jenis produknya,” katanya. 

Setelah UMKM diberikan pelatihan on-boarding, BRI juga mendorong peningkatan transaksi penjualan UMKM di e-commerce melalui berbagai diskon khusus yang dapat dinikmati oleh masyarakat mulai 1 hingga 31 Desember 2023. Menariknya, ada lima e-commerce yang bekerja sama pada penyelenggaraan tahun ini di antaranya PadiUMKM, Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Zalora. 

Terdapat juga diskon 58 persen dengan minimal belanja Rp128 ribu yang berlaku untuk seluruh Debit BRI, Kartu Kredit BRI, Direct Debit, dan BRImo e-Payment. Selain itu, akan ada promo menarik serta lucky spin wheel dengan hadiah yang menarik pada saat penyelenggaraan expo selama empat hari. Seluruh rangkaian kegiatan dapat diakses melalui website www.brilianpreneur.com, YouTube BRI, dan media sosial BRI lainnya.

Editor: Anindita Trinoviana

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut