BRI Komitmen Terapkan ESG secara Berkelanjutan

JAKARTA, iNews.id - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI memulai perjalanan untuk fokus pada penerapan Environmental, Social and Governance (ESG) sejak 2013 silam. Tiba dimana pada 2022, Direktur Utama BRI Sunarso menginisiasi bahwa ESG berada di bawah Divisi Compliance (Kepatuhan).
Direktur Kepatuhan BRI, A. Solichin Lutfiyanto menuturkan, perjalanan menuju pencapaian skor ESG yang tinggi bukanlah hal yang mudah, melainkan memerlukan usaha dan perbaikan berkelanjutan.
“Kami telah mengadopsi prinsip ESG sejak 2013. BRI terus berkomitmen pada keberlanjutan dengan meraih skor rating internasional yang baik," kata Solichin dalam Media Briefing Penguatan BUMN Menuju Indonesia Emas, bertajuk Memaksimalkan Peran Lembaga Jasa Keuangan di Era ESG di Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (12/09/2024).
"Kami di BRI memahami bahwa pencapaian skor ESG yang tinggi bukanlah akhir dari perjalanan. Ini adalah upaya terus-menerus untuk memastikan bahwa kami tetap berada di jalur yang benar dan memenuhi standar internasional,” tuturnya.
Adapun BRI telah mendapatkan sejumlah capaian positif dalam upayanya menerapkan ESG. BRI berhasil meraih peringkat bergengsi dari ASEAN Corporate Governance Scored Card (ACGS) untuk perusahaan tercatat dengan memuncaki Top 3 Public Limited Company (PLCs) di Indonesia. Selain itu, BRI juga meraih penghargaan di kategori ASEAN Asset Class PLCs.
Lalu, BRI telah menyelesaikan annual review bersama dengan Morningstar Sustainalytics. Hasilnya, secara konsisten BRI berhasil menurunkan skor ESG Risk Rating-nya.
Penilaian ini mengantarkan BRI menyandang predikat Low Risk selama dua tahun berturut-turut. Pada penilaian terakhir, BRI memperoleh skor 17,8, jauh lebih baik dibandingkan skor High Risk yang diraih pada 2020.