BUMN Akan Laksanakan Operasi Pasar 3,7 Juta Liter Minyak Goreng hingga Mei 2022

Antara ยท Minggu, 09 Januari 2022 - 16:09:00 WIB
BUMN Akan Laksanakan Operasi Pasar 3,7 Juta Liter Minyak Goreng hingga Mei 2022
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau operasi pasar tambahan minyak goreng di Kuala Tanjung, Sumut, Sabtu (8/1/2022), dengan target menjual 1,2 juta liter. (foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa perusahaan-perusahaan pelat merah akan melakukan intervensi atau operasi pasar sekitar 3,7 juta liter minyak goreng. Hal tersebut akan dilaksanakan hingga Mei 2022.

"BUMN melakukan operasi pasar, artinya kami melakukan intervensi di mana sampai bulan Mei 2022 kami akan melakukan intervensi sekitar 3,7 juta liter minyak goreng," ujar Erick dikutip dari Antara, Minggu (9/1/2022).

Erick menambahkan, BUMN berperan sebagai penyeimbang pasar, penyeimbang ekonomi dan juga harus kadang-kadang melakukan intervensi ekonomi ketika terjadi ketidakseimbangan. Contohnya, ketika harga masker mahal di masa awal COVID-19, Kimia membuat operasi pasar supaya harga masker murah.

Kemudian, ketika minyak goreng sekarang mahal karena harga kelapa sawit naik. Jika harga kelapa sawit jatuh yang risau adalah petani dan pengusaha, sehingga jika yang terjadi sebaliknya maka yang risau adalah konsumen.

"Inilah ekonomi, maka dari itu kemarin Presiden Joko Widodo menugaskan tidak hanya kepada BUMN namun kepada seluruh pelaku usaha swasta untuk menggelar operasi pasar 1,25 miliar liter minyak goreng," kata dia.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda