Bussan Auto Finance Perluas Jaringan Bisnis Pembiayaan
JAKARTA, iNews.id - PT Bussan Auto Finance (BAF), perusahaan pembiayaan yang sebagian sahamnya dimiliki PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, terus memperluas jaringan bisnisnya untuk melayani lebih banyak pelanggan.
Chief Executive Officer (CEO) BAF, Lynn Ramli mengatakan, selama 20 tahun berdiri, BAF telah menyediakan pembiayaan lebih dari 7 juta pelanggan dengan total pelanggan yang masih aktif mengangsur saat ini lebih dari 700 ribu.
"Dengan aset lebih dari Rp8 triliun pada saat ini kami beroperasi lebih dari 230 titik di seluruh Indonesia. BAF kini juga melayani lebih dari 700 ribu pelanggan aktif," ujar Lynn kepada media di Hotel Westin, Jakarta, Selasa (3/4/2018).
Mantan Presiden Direktur Adira Quantum Multifinance itu mengatakan, selama ini BAF fokus membiayai kredit kendaraan bermotor dengan merek Yamaha. Porsi pembiayaan BAF saat ini sekitar 90 persen didominasi oleh kredit kendaraan bermotor merek Yamaha.
"Memang dari dulu kita berdiri 20 tahun, kita didirikan khusus pembiayaan motor Yamaha. Karena kalau dilihat dari komposisi shareholder kita 20 persen dimiliki oleh Yamaha," ucapnya.
Namun ke depan, Lyy mengatakan, BAF tidak ingin hanya fokus pada pembiayaan di satu segmen saja. Kini, kata Lynn, BAF melakukan ekspansi produk dengan menyediakan berbagai kebutuhan pembiayaan bagi masyarakat yang mencakup produk elektronik, perlengkapan rumah tangga, peralatan pertanian, dana syariah, dan yang terbaru, pembiayaan mobil baru.
"Jaringan pelayanan pembayaran juga senantiasa kami perluas melakukan kerja sama dengan pihak lain, seperti gerai ritel Indomaret dan Alfamart, juga dengan jaringan perbankan. Dan tidak lupa kami juga memperluas titik pembayaran angsuran yang berbasis elektronik dan online," katanya.
Selain itu, sesuai dengan perkembangan digital, BAF juga memiliki aplikasi BAF mobile. Aplikasi berbasis android ini, menurut Armando Lung, Direktur Pemasaran BAF, bertujuan memudahkan nasabah untuk mendapatkan layanan BAF.
"BAF senantiasa memberikan produk dan layanan yang terbaik didukung oleh sistem teknologi yang canggih sehingga dapat memberikan otomatisasi untuk proses pembiayaan yang lebih cepat dan mudah, juga kemudahan membayar angsuran secara online," katan Lung.
Dalam kesempatan itu, BAF juga mengumumkan peluncuran logo baru yang didominasi warna biru dan kuning yang menggambarkan personal BAF. Logo ini diubah pertama kalinya sejak perusahaan berdiri di tahun 1997.
Editor: Rahmat Fiansyah