Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Sudah Dikirim

JAKARTA, iNews.id – Cara membatalkan pesanan di shopee yang sudah dikirim hanya bisa dilakukan dengan persetujuan dari seller. Jika seller menolak pengajuan pembatalan pesanan yang sudah dikirim, maka mengajukan pengembalian dengan dalih barang rusak atau cacat adalah solusi satu-satunya.
Shopee memang tidak memfasilitasi pembeli sebuah fitur untuk membatalkan pesanan yang sudah dikirim secara instan karena dikhawatirkan dapat merugikan penjual. Namun jika pembeli belum menyelesaikan pembayaran, status pesanan bisa dibatalkan dengan mudah.
-Buka aplikasi Shopee di ponselmu.
-Klik tab Saya yang ada di pojok kanan bawah.
-Pada bagian Pesanan Saya, klik Dikirim.
-Temukan pesanan yang hendak kamu batalkan lalu buka.
-Scroll ke bawah lalu klik tombol Batalkan Pesanan.
-Tunggu beberapa saat sampai penjual menyetujui pembatalan pesanan yang kamu ajukan.
-Jika sudah disetujui, dana akan dikembalikan dalam kurun waktu 1x24 jam atau 7-14 hari tergantung pada metode pembayaran yang kamu pilih.
Perlu diketahui bahwa pengajuan pembatalan hanya bisa dilakukan satu kali berdasarkan kebijakan dari Shopee.
Lalu, bagaimana jika penjual menolak pengajuan pembatalan pesanan milikmu? Maka kamu harus mengajukan pengembalian pesanan jika barang sudah kamu terima.
-Buka aplikasi Shopee di ponselmu.
-Klik tab Saya yang ada di pojok kanan bawah.
-Pada bagian Pesanan Saya, klik Dikirim.
-Buka pesanan yang hendak kamu kembalikan atau retur.
-Klik Ajukan Pengembalian.
-Pilih salah satu dari beberapa alasan pengembalian; Tidak menerima pesanan, Menerima produk yang tidak lengkap, Menerima produk yang salah, Menerima produk dengan kerusakan fisik, Menerima produk yang rusak, atau Menerima produk yang bukan asli/orisinil.
-Klik Solusi