Cara Memulai Bisnis Alat Kesehatan dari Nol, Siapkan Modal hingga Promosi yang Tepat

Rina Anggraeni · Rabu, 23 Februari 2022 - 15:35:00 WIB
Cara Memulai Bisnis Alat Kesehatan dari Nol, Siapkan Modal hingga Promosi yang Tepat
Cara memulai bisnis alat kesehatan dari nol harus dipersiapkan secara matang dan tepat. Sebab, bisnis ini memiliki prospek sangat menjanjikan. (Foto: Ilustrasi/AFP)

JAKARTA, iNews.id - Cara memulai bisnis alat kesehatan dari nol harus dipersiapkan secara matang dan tepat. Sebab, bisnis alat kesehatan merupakan bisnis yang memiliki prospek sangat menjanjikan.

Alat kesehatan akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat maupun instansi kesehatan, terlebih di masa pandemi seperti saat ini. 

Berikut cara memulai bisnis alat kesehatan dari nol sebagai berikut:

1. Siapkan Dana untuk Modal

Modal menjadi yang paling utama dalam memulai bisnis alat kesehatan dari nol. Anda juga harus mencari tahu terlebih dahulu perkiraan dana yang harus disiapkan untuk modal. 
 
Untuk meminimalisasi besar biaya modal, coba cari supplier yang terpercaya dan memberikan harga yang bersaing. Tentunya jangan lupa untuk mengutamakan kualitas barang yang dibeli karena itu merupakan hal yang sangat penting dalam memulai bisnis. 

Carilah supplier yang memberikan harga sesuai dengan kualitas barang. Lakukan pendekatan serta komunikasi sebagai jalan untuk memilih supplier yang tepat.

2. Mengurus Perizinan Alat Kesehatan

Untuk dapat memulai bisnis alat kesehatan maka diperlukan perizinan. Pihak yang mempunyai wewenang untuk memberikan perizinan untuk alat kesehatan yang akan dijual adalah Dinas Kesehatan. Ada prosedur yang harus ditempuh untuk mendapatkan perizinan tersebut.

Caranya mudah, cukup serahkan surat permohonan izin pada Kepala Dinas Kesehatan terdekat. Paling lambat 12 hari setelah menyerahkan surat, petugas dari Dinas Kesehatan akan datang untuk memeriksa kelengkapan bisnis kesehatan yang akan dijalankan. Berkas yang dibutuhkan Nomor Pokok Wajib Pajak, Surat Izin Usaha, serta keterangan domisili. Tak ketinggalan kelengkapan administrasi toko dan alat kesehatan yang akan dipasarkan.

Jika sudah diperiksa nanti akan terbit surat izin dari Dinas Kesehatan jika memang bisnis disetujui buka oleh pihak Dinas Kesehatan. Surat izin ini sangat penting untuk menjamin kelancaran bisnis. Tanpa memiliki surat ini maka sewaktu-waktu bisnis bisa ditutup secara paksa oleh pihak Dinas Kesehatan setempat.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda