CEO Apple Tim Cook: Steve Jobs Guru Terbaik yang Pernah Saya Miliki

Suparjo Ramalan ยท Minggu, 16 Oktober 2022 - 11:37:00 WIB
CEO Apple Tim Cook: Steve Jobs Guru Terbaik yang Pernah Saya Miliki
CEO Apple Tim Cook sebut Steve Jobs adalah guru terbaik yang pernah dimilikinya

LOS ANGELES, iNews.id - Bos Apple Tim Cook mengatakan, tidak pernah menjadi tujuannya untuk menjalankan Apple dengan cara yang sama persis seperti yang dilakukan Steve Jobs. Namun menurut Cook, pengaruh Jobs masih sangat terasa di perusahaan dan mungkin akan selalu begitu. 

"Kami tidak duduk-duduk dan berkata: 'Apa yang akan Steve lakukan?' Dia mengatakan kepada kami untuk tidak melakukan itu," kata Cook, dikutip dari CNBC International, Minggu (16/10/2022).

"Tetapi kenyataannya, dia adalah guru terbaik yang pernah saya miliki, sejauh ini. Ajaran itu hidup, tidak hanya dalam diri saya, tapi pada banyak orang (di Apple)," imbuhnya. 

Salah satu contoh pengaruh abadi Jobs di Apple, Cook mengatakan bahwa dia mempertahankan tradisi jangka panjang mendiang pendiri Apple itu dalam rapat setiap Senin pukul 09.00 untuk para eksekutif top Apple untuk membahas masalah terbesar perusahaan.

"Dalam banyak hal, itu masih berjalan seperti yang ditetapkan Steve," ujar Cook.

Itu terjadi selama Cook tetap menjadi CEO. Saat pidato di Universitas Glasgow pada 2017 lalu, Cook mengatakan, Jobs adalah orang yang memiliki pengaruh terbesar dalam hidupnya sejauh ini. Selain itu, filosofi Jobs akan berada di Apple 100 tahun dari saat itu.

"DNA Steve akan selalu menjadi inti dari Apple. Steve sangat tertanam di perusahaan," ucapnya.

Meski Jobs memberi pengaruhnya sangat besar padanya, namun bukan berarti Cook dan Jobs tidak pernah berselisih. CEO Apple itu menunjukkan berdebat dengan Jobs seringkali merupakan satu-satunya cara untuk memastikan suaranya didengar.

"Selalu ada perdebatan. Saya tahu ada cerita bahwa Anda tidak memperdebatkannya, tapi itu tidak benar. Bahkan, jika Anda tidak berdebat dengannya, dia akan menjatuhkan Anda. Dan dia tidak bekerja dengan baik dengan orang-orang seperti itu yang tidak akan merasa nyaman berdebat dan menolak," tuturnya.

Salah satu perdebatan yang pernah mereka lakukan adalah mengenai strategi penjualan Apple untuk iPhone ketika debutnya pada 2007. Jobs saat itu berpendapat agar Apple mendapatkan bagian dari pendapatan bulanan operator smartphone. Sementara Cook yang menjabat Chief Operating Officer (COO) Apple pada saat itu, menginginkan model subsidi di mana operator akan membayar Apple bagian dari biaya iPhone di muka dan kemudian menghasilkan uang itu kembali dari biaya berlangganan bulanan pelanggan.

"Caranya lebih kreatif dan lebih berbeda. Cara saya akan meningkat lebih cepat, setidaknya saya merasa kuat," kata Cook.

Apple menggunakan model Jobs pada awalnya sebelum beralih ke ide Cook, yang dikreditkan dengan mendorong pertumbuhan besar-besaran iPhone. Adapun kegemaran Jobs terhadap pendekatan kreatif adalah praktik standar di Apple. 

Sementara itu, ketika diminta untuk menggambarkan Jobs hanya dengan satu kata, Cook memilih "penasaran."

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda