CEO Binance Abaikan Peringatan Internal Soal Kepatuhan Regulasi

Jeanny Aipassa ยท Minggu, 23 Januari 2022 - 08:15:00 WIB
 CEO Binance Abaikan Peringatan Internal Soal Kepatuhan Regulasi
CEO Binance, Changpeng Zhao. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - CEO Binance, Changpeng Zhao, mengabaikan perintahan internal soal kepatuhan regulasi. Hal ini, dinilai menjadi pemicu Binance mendapat penolakan dari banyak regulator keuangan di seluruh dunia. 

Reuters melaporkan, dari investigasi yang dilakukan, Changpeng Zhao antara lain mengabaikan regulasi terkait cek know-your-customer (KYC) hingga pencucian uang. 

Kantor berita tersebut mengklaim bahwa eksekutif senior Binance, termasuk Chief Compliance Officer Samuel Lim, dan mantan Pejabat Pelaporan Pencucian Uang Global, Karen Leong, telah mengungkapkan kekhawatiran tentang cek KYC yang lemah di bursa kepada Changpeng Zhao

"Bahkan tiga mantan karyawan Binance mengatakan kepada Reuters bahwa mereka melaporkan masalah tersebut kepada CZ, tetapi dia mengabaikannya," bunyi laporan Reuters, Sabtu (22/1/2022).

Binance telah lama menjadi bidikan regulator di seluruh dunia. Beberapa kekurangan kepatuhan Binance telah menimbulkan kemarahan regulator di Inggris, Italia, Malaysia, Singapura, dan banyak yurisdiksi lainnya. 

Investigasi Reuters mencakup banyak yurisdiksi ini dan telah menjelaskan beberapa cara kerja internal di balik hubungan bursa dengan regulator. Reuters juga menemukan bahwa beberapa staf Binance—termasuk Leong dan Lim—sadar bahwa prosedur KYC Binance tidak ketat.

Dalam satu pesan yang dikirim pada pertengahan 2019, Karen Leong mengatakan Changpeng Zhao menginginkan “no KYC”. Samuel Lim  dilaporkan menyatakan keraguannya tentang rencana Changpeng Zhao untuk pindah ke pasar "fiat-to-crypto". 

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: