China Manfaatkan Diskon Minyak Rusia, Impor Juni Capai 7,29 Juta Ton

Aditya Pratama ยท Kamis, 21 Juli 2022 - 06:49:00 WIB
China Manfaatkan Diskon Minyak Rusia, Impor Juni Capai 7,29 Juta Ton
Rusia mempertahankan posisinya sebagai pemasok minyak utama China untuk bulan Juni. Hal ini disebabkan karena China membeli pasokan dengan harga lebih rendah. (Foto: Reuters)

BEIJING, iNews.id - Rusia mempertahankan posisinya sebagai pemasok minyak utama China untuk bulan Juni. Hal ini disebabkan karena China membeli pasokan dengan harga lebih rendah dan memangkas pengiriman yang lebih mahal dari Arab Saudi.

Mengutip Reuters, impor minyak Rusia, termasuk pasokan yang dipompa melalui pipa Samudra Pasifik Siberia Timur dan pengiriman melalui laut dari pelabuhan Eropa dan Timur Jauh Rusia mencapai 7,29 juta ton. Angka ini naik hampir 10 persen dari tahun lalu, menurut data dari Administrasi Umum Kepabeanan China.

Pasokan minyak Rusia pada Juni setara dengan sekitar 1,77 juta barel per hari (bph), berada di bawah rekor Mei yang mendekati 2 juta barel per hari, tingkat yang diperkirakan akan dipertahankan oleh para analis.

Sementara, China mengimpor 5,06 juta ton dari Arab Saudi, atau 1,23 juta barel per hari, turun dari 1,84 juta barel per hari pada Mei dan 30 persen di bawah tingkat pada Juni tahun lalu.

Impor year-to-date dari Rusia mencapai 41,3 juta ton (1,67 juta bph), naik 4 persen pada tahun ini, tetapi masih tertinggal di belakang Arab Saudi, yang memasok 43,3 juta ton (1,75 juta bph) dengan volume 1 persen di bawah tahun lalu.

Total impor minyak mentah China merosot pada Juni mendekati level terendah empat tahun karena lockdown ketat untuk menahan penyebaran Covid-19 yang turut mengurangi permintaan bahan bakar. Kenaikan impor dari Rusia juga menggantikan pasokan dari Angola dan Brasil.

Data Bea Cukai menunjukkan, China mengimpor 260.000 ton minyak mentah Iran bulan lalu, pengiriman keempat minyak Iran sejak Desember lalu.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda