Ciptakan Grup Digital Entertainment Terbesar, MSIN Konsolidasi Aset Digital MNC Media

Suparjo Ramalan ยท Jumat, 03 Desember 2021 - 09:55:00 WIB
Ciptakan Grup Digital Entertainment Terbesar, MSIN Konsolidasi Aset Digital MNC Media
Ciptakan grup digital entertainment terbesar, MSIN konsolidasi aset digital MNC Media.

JAKARTA, iNews.id - PT MNC Studios International Tbk (MSIN), anak perusahaan dari PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), hari ini telah mengambil langkah strategis dalam rangka menciptakan grup digital entertainment terbesar di Indonesia. Langkah strategis dari MSIN akan mencakup masuknya super-app AVOD terbesar di Indonesia, RCTI+ dan SVOD OTT, Vision+ menjadi bagian dari perseroan. 

Selain itu, milestone penting dalam perjalanan digital grup ini akan berperan sebagai sebuah batu loncatan untuk memperdalam pemahaman dan preferensi konsumsi pemirsa Indonesia di semua platform digital, memperkuat kemampuan MSIN untuk memberikan masyarakat dengan konten-konten yang lebih relevan dan secara substansial meningkatkan daya saingnya untuk menghasilkan konten yang lebih baik di masa depan. Konsolidasi tersebut juga akan mencakup enam portal MNCN, yaitu okezone.com, sindonews.com, inews.id, celebrities.id, idxchannel.com, dan sportstars.id

Platform digital terakhir yang akan menjadi bagian dari MSIN adalah BuddyKu, platform berita berbasis AI yang baru saja dirilis ke pasar Indonesia sebagai platform ekosistem konten yang menemukan cara baru dalam portal berita dan pembuatan konten bagi para content creator secara menyeluruh, baik yang berasal dari grup, publisher lain, dan konten yang dihasilkan oleh pengguna.

Direktur MSIN Valencia Tanoesoedibjo mengatakan, konsolidasi tersebut merupakan langkah penting bagi perseroan untuk membuka potensi dari bisnis digital entertainment perusahaan. 

"Kami sangat senang untuk mengumumkan pencapaian besar ini bagi perseroan. Konsolidasi ini merupakan langkah penting bagi perseroan untuk membuka potensi luar biasa dari bisnis digital Entertainment kami," kata dia dalam keterangannya, Jumat (3/12/2021).

Dengan transisi tersebut, menurutnya, perseroan akan senantiasa memperbarui dan mempercepat ekspertise digital dan wawasan strategis, serta memperkuat posisi kami sebagai grup konten dan digital entertainment terbesar di Indonesia. Selain itu, konsolidasi ini juga akan mempercepat pertumbuhan perseroan dalam jangka panjang.

"Kami menyakini hal ini akan mempercepat pertumbuhan perseroan menuju kesuksesan dalam jangka panjang, dengan terus berusaha untuk meraih peluang yang sangat besar dalam lingkup makro yang mendorong pertumbuhan industri media digital," ujarnya. 

Portofolio MSIN Saat Ini

Konten

MSIN merupakan perseroan yang dipilih sebagai entitas untuk konsolidasi ini karena merupakan perusahaan produksi konten terbesar untuk platform digital dan non-digital yang memproduksi berbagai jenis genre konten seperti drama, reality show, animasi, infotainment, film, dan banyak lainnya. Selain itu, perseroan juga mendominasi pangsa pasar produksi untuk masing-masing kategori tersebut.

Kapasitas produksi konten drama milik perseroan mencapai 2.121 jam sampai dengan September 2021, yang mewakili sebesar 37,1 persen dari total produksi drama di Indonesia. Drama senantiasa menjadi genre konten yang paling diminati di tanah air. Perseroan telah menghasilkan berbagai drama seri dengan pencapaian yang sangat luar biasa seperti Ikatan Cinta, Putri Untuk Pangeran, dan masih banyak lagi. 

Konten animasi juga telah memberikan kontribusi besar bagi Perseroan. Perseroan telah berhasil menghasilkan banyak IP sukses, dengan pangsa pasar produksi konten animasi sebesar 42,6 persen, yang telah diekspor ke lebih dari 60 negara. Selain itu, MSIN juga mendominasi pangsa pasar produksi reality show dan infotainment, yang masing-masing memperoleh pangsa pasar produksi sebesar 47 persen dan 32 persen.

Talent Manajemen & Media Sosial

Unit manajemen artis milik perseroan, Star Media Nusantara, saat ini telah menaungi lebih dari 400 artis, baik dari penyanyi, pembawa acara, selebriti, koki, pesulap, aktor, dan masih banyak lagi. Selain itu, perseroan juga mengelola aktivitas media sosial artis tersebut. MOP Channel, Jarome Polin, Vincent Raditya, Gritte Agatham Boy William adalah 5 channel terpopuler di YouTube

Perseroan juga terus menunjukkan dominasinya dengan berhasil memiliki jumlah subscribers dan views terbesar di platform YouTube Indonesia. Pada Oktober 2021, channel YouTube milik MSIN telah berhasil memiliki lebih dari 154,9 juta subscribers dan 47,8 miliar views. 

Selain itu, unit multi-channel network (MCN) milik MSIN juga mencatatkan hasil yang positif dan luar biasa di sepanjang tahun ini, dengan memperoleh 81,6 juta subscribers dan 9,5 miliar views. Selanjutnya, perseroan memulai monetisasi channel media sosial pada Facebook (pada Juli 2020) dan TikTok (pada September 2020), yang hingga saat ini turut berkontribusi dengan memberikan basis followers yang sangat besar, di mana masing-masing mencapai 57 juta dengan 3,7 miliar views, dan 101,5 juta followers.

Gaming & E-Sports

Unit bisnis terbaru bagi perseroan, yaitu lini bisnis khusus gaming, E-Sports Star Indonesia (ESI). Area operasional gaming perseroan mencakup pengembangan dan penerbitan game, kompetisi profesional, pencarian bakat, manajemen tim e-sports, dan agregator game. ESI telah bekerja sama dengan berbagai penerbit game terkemuka seperti Moonton dan Garena untuk menyelenggarakan berbagai kompetisi untuk mereka. 

Selain itu, ESI akan merilis game pertamanya yang disebut Rapid Fire untuk merambah ke industri game yang berkembang dengan sangat pesat.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: