Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Kawal Kasus Pemukulan Karyawan, Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo Batalkan Perjalanan ke Al Aqsa
Advertisement . Scroll to see content

Contoh Soft Skill dan Hard Skill di Dunia Kerja, Calon Karyawan Wajib Tahu!

Rabu, 22 November 2023 - 15:11:00 WIB
Contoh Soft Skill dan Hard Skill di Dunia Kerja, Calon Karyawan Wajib Tahu!
Contoh soft skill dan hard skill di dunia kerja. (Foto: Ilustrasi/Pixabay)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Contoh soft skill dan hard skill di dunia kerja bisa dijadikan referensi dalam menulis resume CV. Keterampilan yang tercantum dalam CV dapat membantu rekruter untuk menyeleksi kandidat yang sesuai dengan kualifikasi.

Keterampilan interpersonal, yang juga dikenal sebagai soft skill, seperti kemampuan komunikasi, kerja sama, dan kepemimpinan, dapat membantu seseorang untuk berkembang dalam karier mereka. 

Keterampilan teknis, yang juga dikenal sebagai hard skill, seperti kemampuan menggunakan perangkat lunak, menganalisis data, dan memecahkan masalah, diperlukan untuk menyelesaikan tugas pekerjaan secara efektif.

Merangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/11/2023) berikut contoh soft skill dan hard skill di dunia kerja.

Contoh Soft Skill dan Hard Skill di Dunia Kerja

Contoh Soft Skill

1. Komunikasi

Keterampilan komunikasi adalah salah satu keterampilan terpenting yang dapat dimiliki seseorang di dunia kerja. Komunikasi yang efektif diperlukan untuk berinteraksi dengan rekan kerja, klien, pelanggan, dan atasan. 

Keterampilan komunikasi yang baik mencakup kemampuan untuk berbicara dan menulis dengan jelas dan sopan, serta mendengarkan secara aktif.

2. Berpikir Kritis

Berpikir kritis adalah keterampilan penting lainnya yang dapat membantu seseorang menjadi karyawan yang sukses. Kemampuan untuk menganalisis informasi, memecahkan masalah, dan membuat keputusan yang tepat sangat penting di banyak bidang pekerjaan. 

Keterampilan berpikir kritis juga dapat membantu seseorang untuk menjadi lebih kreatif dan fleksibel.

3. Jiwa kepemimpinan 

Kepemimpinan adalah keterampilan penting yang dapat membantu seseorang untuk maju dalam karier mereka. Kemampuan untuk memimpin orang lain, membuat keputusan, dan memecahkan masalah sangat penting di banyak bidang pekerjaan. 

Keterampilan kepemimpinan juga dapat membantu seseorang untuk menjadi lebih percaya diri dan mandiri.

4. Sikap Positif

Atasan selalu mencari karyawan yang dapat menciptakan suasana kerja yang positif. Mereka menginginkan karyawan yang ramah, bersemangat, dan menyenangkan. Menjaga sikap positif penting, terutama di lingkungan kerja yang cepat dan penuh tekanan.

5. Kerja Sama Tim

Kerja sama tim adalah keterampilan penting di dunia kerja. Bunda perlu dapat bekerja sama dengan orang lain, bahkan jika Bunda tidak selalu sependapat dengan mereka. Keterampilan kerja sama tim meliputi kemampuan bernegosiasi, menghargai keragaman, dan menerima umpan balik.

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut