Covid-19, Keluarga Kerajaan Inggris Tekor Rp666 Miliar

Djairan ยท Sabtu, 26 September 2020 - 21:01 WIB
Covid-19, Keluarga Kerajaan Inggris Tekor Rp666 Miliar

Ratu Elizabeth II. (Foto: AFP)

LONDON, iNews.id - Keuangan Keluarga Kerajaan Inggris (The Royal Family) ikut terdampak Covid-19. Penguasa monarki konstitusional di Inggris itu tekor 45 juta dolar AS, setara Rp666 miliar pada akhir tahun.

Kepala Keuangan Ratu atau yang disebut Keeper of Privy Purse, Sir Michael Stevens memperkirakan adanya gap hingga 25,4 juta dolar AS untuk menutupi kebutuhan renovasi rutin setiap sepuluh tahun Istana Buckingham.

Selain membengkaknya biaya, kata Michael, kekurangan dana juga disebabkan anjloknya pendapatan, terutama dari pengunjung objek bangunan kerajaan. Salah satunya Istana Windsor yang mencapai 6,3 juta dolar AS per tahun.

Dengan demikian, potensi defisit atau shortfall keluarga kerajaan hingga akhir tahun mencapai 44,5 juta dolar AS.

"Keluarga Kerajaan tak punya niat untuk meminta dana tambahan (dari pemerintah)," katanya dikutip dari Forbes, Sabtu (26/9/2020).

Selama ini, warga Inggris ikut membayar kebutuhan Ratu Elizabeth II dan keluarganya lewat skema Hibah untuk Penguasa (Sovereign Grant). Pada tahun buku 2019-2020, nilai Sovereign Grant mencapai 49,4 juta dolar AS.

Biaya tersebut mencakup pengeluaran perjalanan resmi Keluarga Kerajaan, biaya perawatan properti kerajaan, hingga biaya operasional.

Sovereign Grant berasal dari keuntungan yang dihasilkan Crown Estate, properti keluarga kerajaan, baik tanah maupun bangunan yang disewakan. Keluarga Kerajaan akan memperoleh sepersekian dari pendapatan Crown Estate yang diambil pemerintah Inggris untuk kemudian dimasukkan dalam Sovereign Grant.

Forbes melacak, salah satu biaya terbesar yang pernah dikeluarkan dari Sovereignt Grant pada tahun buku 2019-2020 adalah tur Afrika yang dilakukan oleh Pangeran Harry dan Meghan Markle sebesar 313.000 dolar AS.

Selain itu, biaya kunjungan Pangeran Charles ke Oman untuk berkabung atas kematian Sultan Qaboos bin Said juga menelan dana cukup besar. Jumlahnya 267.000 dolar AS.

Forbes menaksir kekayaan pribadi Ratu Elizabeth II sekitar 500 juta dolar AS. Namun, jika dihitung dengan berbagai aset kerajaan di Crown Estate, termasuk Duchy of Lancaster mencapai 25 miliar dolar AS.

Editor : Rahmat Fiansyah