Dahlan Iskan Dukung Vaksin Nusantara, Siap Jadi Relawan Uji Klinis

Djairan · Sabtu, 27 Februari 2021 - 00:53:00 WIB
Dahlan Iskan Dukung Vaksin Nusantara, Siap Jadi Relawan Uji Klinis
Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Mantan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto tengah mengembangkan vaksin Nusantara. Vaksin Covid-19 buatan dalam negeri ini diharapkan bisa mendapat kesempatan yang sama dengan vaksin impor.

Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan mengatakan, vaksin Nusantara telah lulus uji klinis tahap satu. Dia pun mengaku bersedia menjadi relawan uji klinis tahap kedua setelah hasil tahap satu memuaskan.

“Betul-betul diteliti 28 orang yang sudah menjalani itu, dalam waktu yang cukup, dalam penelitian yang cukup, tidak ada efek samping, kemudian memang timbul imunitas," kata Dahlan dalam diskusi virtual bertema "Setahun Pandemi, Apa Kabar Vaksin Anak Bangsa?", Jumat (26/2/2021).

Menurut Dahlan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) seharusnya diperlakukan secara adil (fair)  denganmemberikan fasilitas yang sama seperti saat vaksin Sinovac akan digunakan.

"Fair dalam artian kemudahan apa, fasilitas apa, yang pernah diberikan kepada Sinovac, itu juga harus diberikan kepada vaksin Nusantara ini, minimal itu," ucapnya.

Mantan direktur utama PT PLN (Persero) itu menilai, jika lulus dan memperoleh izin edar serta diproduksi, maka Vaksin Nusantara akan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia di tengah perlombaan vaksin global. 

"Terlalu banyak negara-negara besar dan negara miskin yang antre menunggu vaksin, kenapa tidak dari kita?," ujarnya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2