Dampingi Jokowi ke Grasberg, Erick Thohir: Kunjungan Ini Bersejarah

Suparjo Ramalan · Kamis, 01 September 2022 - 11:27:00 WIB
Dampingi Jokowi ke Grasberg, Erick Thohir: Kunjungan Ini Bersejarah
Presiden Jokowi berbincang dengan Presiden Komisaris PTFI Richard Adkerson. (Foto: Sekretariat Presiden)

MIMIKA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi tambang Grasberg yang dikelola PT Freeport Indonesia di Mimika, Papua. Ini merupakan kunjungan pertama kalinya yang dilakukan Jokowi ke tambang yang telah dimiliki Indonesia secara mayoritas.  

Selain didamping Erick Thohir, Presiden Jokowi juga didampingi Menteri Investasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Erick mengatakan, kunjungan Presiden Jokowi merupakan hal yang bersejarah. Pasalnya, Jokowi merupakan presiden pertama Indonesia yang sukses mengakuisisi saham mayoritas milik tambang emas terbesar itu. 

"Kunjungan ini bersejarah dan secara simbolis menunjukkan komitmen pemerintah untuk mengelola sumber daya alamnya sendiri untuk kepentingan seluruh masyarakat," kata Erick, Kamis (1/9/2022). 

Di Grasberg, Presiden Jokowi dan rombongan berkeliling dan masuk ke dalam pertambangan Freeport. Mereka juga menyaksikan pemaparan sejarah PT Freeport Indonesia. 

"Tentu sejarah masa lalu telah dicatat dan tadi kebetulan kami menyaksikan pemaparannya. Dengan kerja keras, saya optimistis ke depannya sejarah baru Freeport Indonesia di bawah Mind ID akan semakin memberi manfaat bagi perekonomian masyarakat Papua maupun Indonesia," tutur Erick.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda