Dapat Gelar Adat Dulur Baduy, Erick Thohir Jadi Ingat Momen Pelantikan Menteri BUMN

Jeanny Aipassa, azhfar muhammad ยท Rabu, 20 Oktober 2021 - 19:35:00 WIB
Dapat Gelar Adat Dulur Baduy, Erick Thohir Jadi Ingat Momen Pelantikan Menteri BUMN
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mendapatkan gelar adat dulur Baduy saat melakukan kunjungannya di Banten, Rabu (20/10/2021). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mendapatkan gelar adat dulur Baduy saat melakukan kunjungan, di Banten, Rabu (20/10/2021).

Pemberian gelar tersebut ditandai dengan penyematan baju adat badui yang didominasi warna hitam serta lomar atau ikat kepala khas baduy yang didominasi warna biru.  

Saat prosesi penyematan gelar adat dulur dilakukan, warga Baduy langsung memainkan angklung, yang biasanya dimainkan hanya satu tahun sekali saat musim tanam, atau kepada tamu-tamu khusus.

Salah satu tokoh suku Baduy, Ayah Mursyid, menjelaskan disematkan Dulur Baduy ke Erick Thohir merupakan yang pertama kepada orang luar. Hal itu merupakan wujud terima kasih tertinggi karena Erick Thohir langsung menemui korban kebakaran kampung Baduy.

"Gelar Dulur Baduy ke Pak Erik Thohir ini melalui musyawarah antara tokoh-tokoh Baduy dengan Jaro Saija menyepakati agar diberikan gelar dulur baduy ke pak Erik," kata Ayah Mursyid.

Dia memaparkan, penyematan itu juga lebih ke firasat untuk gelar dulur. Lalu disepakati dengan tokoh-tokoh dan juga jaro. 

“Kedepan harapannya tentu ini gelar ini menjadi suatu keberhasilan untuk bersama, seperti ekonomi lebih maju, kemakmuran, untuk warga baduy dan juga masyarakat lebih luas," kata Ayah Mursyid.

Menanggapi pemberian gelar kehormatan Suku Baduy, Erick Thohir mengaku, teringat dengan momen seperti ketika dia dilantik menjadi Menteri BUMN. Pasalnya, selain mengandung nilai kehormatan dan kepercayaan, gelar tersebut juga membawa konsekuensi tanggung jawab yang harus dijaga dan diperjuangkan semaksimal mungkin. 

"Tentu pikiran dan tenaga saya harus mengfokuskan tanggung jawab sebagai menteri BUMN. Perasaan ini sama ketika saya digelarkan dulur Baduy, tentu ini juga harus dipertanggungjawabkan semaksimal mungkin," kata Erick melalui keterangan yang diterima MNC Portal Indonesia, Rabu (20/10/2021). 

Dia menuturkan, jika diliat intisari dari suku baduy adalah menjaga, melestarikan alam. Tentu ini harus saya wujudkan agar menjaga dan melestarikan alam baik itu saya sebagai individu atau jabatan sebagai Menteri BUMN. 

"Tentu, BUMN harus menjadi perusahaan yang memastikan menjaga alam Indonesia," ujar Erick Thohir.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: