Dapat PMN Rp10 Triliun, PLN Fokus Aliri Listrik ke Daerah 3T

Suparjo Ramalan · Kamis, 29 September 2022 - 17:32:00 WIB
Dapat PMN Rp10 Triliun, PLN Fokus Aliri Listrik ke Daerah 3T
PLN mendapatkan PMN senilai Rp10 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk program listrik masuk desa, khususnya daerah 3T. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - PT PLN (Persero) mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp10 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk program listrik masuk desa. 

Direktur Manajemen Distribusi PLN, Adi Priyanto mengatakan, pihaknya akan mengalokasikan PMN untuk menyambung listrik di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Pasalnya, daerah tersebut rasio elektrifikasi di bawah 95 persen.

"Rasio elektrifikasi masih jauh, untuk jadi 100 persen. Masih ada beberapa daerah yang merah seperti Papua, Papua Barat, Maluku, NTT dan Sumatera juga ada, pedalaman Riau rasio elektrifikasinya masih di bawah 95 persen. Sedangkan untuk daerah lain, di bawah 100 persen, yang kuning," ujar Adi dalam acara Ngopi BUMN, Kamis (29/9/2022). 

Adi menambahkan, untuk menyambung listrik di daerah 3T, PLN membutuhkan anggaran yang besar. Hal ini karena proses pembangunan infrastruktur kelistrikan di kawasan tersebut tidak mudah.

"Jalurnya sangat sulit, menarik dan membawa tiang listrik aja sangat sulit. Jadi kita membawa tiang listrik kita apalagi gak ada sumber daya lain, pakai stasiun pengisian listrik pakai matahari, jadi ini musti ada kerja sama PLN dan Pemda. Sebagai contohnya dibantuin oleh masyarakat setempat untuk menyebrangi sungai untuk menaruh tiang," kata dia.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda