Dapatkan Kepercayaan Internasional, KB Bukopin Raih Peringkat idAAA Fitch Ratings dan Kucuran Pinjaman 300 Juta Dolar AS dari IFC World Bank

Aris Kurniawan · Jumat, 01 Juli 2022 - 10:00:00 WIB
Dapatkan Kepercayaan Internasional, KB Bukopin Raih Peringkat idAAA Fitch Ratings dan Kucuran Pinjaman 300 Juta Dolar AS dari IFC World Bank
KB Bukopin raih peringkat korporasi dan obligasi rupiah jangka panjang tertinggi, idAAA dari dua lembaga pemeringkat ternama dan pinjaman dana Rp4,41 triliun. (Foto: Dok KB Bukopin)

JAKARTA, iNews.id - PT Bank KB Bukopin Tbk berhasil meraih peringkat korporasi dan obligasi rupiah jangka panjang tertinggi, yaitu idAAA dari dua lembaga pemeringkat ternama.

Pertama dari Fich Rating, lembaga pemeringkat internasional. Rating ini masuk dalam kategori Investment Grade dan berlaku untuk periode satu tahun ke depan, Juni 2022 hingga Juni 2023. 

Peringkat Nasional idAAA menunjukkan peringkat tertinggi yang diberikan oleh Fitch dalam skala Peringkat Nasional untuk negara tersebut. Peringkat ini diberikan kepada emiten atau obligasi dengan ekspektasi risiko gagal bayar yang paling rendah dibandingkan dengan semua emiten atau obligasi lain di negara atau serikat moneter yang sama.  

Raihan ini bukan yang pertama bagi bank yang saham terbesarnya dimiliki bank terbesar Korea Selatan KB Kookmin Bank Co., Ltd ini, melainkan melanjutkan dari dua tahun sebelumnya.

Menurut Direktur Keuangan KB Bukopin Seng Hyup Shin, strategi Bank KB Bukopin untuk meraih kembali peringkat korporasi dan obligasi rupiah jangka panjang idAAA dengan outlook stabil dari Fitch Ratings adalah menjalankan komitmennya melakukan perbaikan dalam setiap tahunnya dengan berbagai langkah strategis. 

“Komitmen tersebut akan terefleksikan pada optimalisasi produk dan layanan kami, sehingga diharapkan bisnis inti akan menjadi lebih customer oriented, digital, dan efisien,” katanya.

KB Bukopin memang sedang gencar melakukan berbagai perbaikan melalui penambahan modal, peningkatan penghimpunan dana dan kredit, serta percepatan penanganan kredit bermasalah.

Shin menegaskan KB Bukopin sangat mengapresiasi pemeringkatan dari Fitch Ratings. Selama tiga tahun berturut-turut mulai dari tahun 2020, 2021, dan 2022 KB Bukopin selalu mendapatkan peringkat tertinggi dari Fitch Ratings. 

“Pemeringkatan ini merupakan bentuk kepercayaan dari pemerintah, pemegang saham, investor, nasabah, dan masyarakat luas yang harus tetap kami jaga dengan baik untuk mewujudkan visi kami sebagai Top 10 Bank di Indonesia," ujarnya.

Peringkat Nasional Jangka Panjang idAAA yang diberikan oleh Fitch Ratings mengindikasikan bahwa Bank KB Bukopin saat ini memiliki induk yang kuat yaitu KB Kookmin Bank. KB Bukopin dinilai memiliki arah strategis dan terukur terkait arah dan rencana bisnis ke depannya.

Editor : Anindita Trinoviana

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda