Dari Google hingga Microsoft, Ini 5 Diaspora India yang Sukses Jadi CEO Perusahaan Top AS

Rahmat Fiansyah · Minggu, 09 Februari 2020 - 15:18 WIB
Dari Google hingga Microsoft, Ini 5 Diaspora India yang Sukses Jadi CEO Perusahaan Top AS

CEO Microsoft, Satya Nadella. (Foto: AFP)

NEW YORK, iNews.id - Arvind Krishna bakal menjadi CEO IBM, perusahaan raksasa IT asal AS. Pria kelahiran New Delhi, India pada 45 tahun lalu itu menjadi orang nomor satu IBM mulai 6 April 2020.

Kiprah orang Amerika berdarah India di dunia bisnis cukup moncer. Krishna menambah deretan orang-orang India yang sukses menggapai American Dream, sebuah etos khas Negeri Paman Sam soal kesempatan untuk makmur dan sejahtera.

Orang-orang diaspora India mulai masuk jajaran eksekutif perusahaan di AS pertengahan dekade 90an. Pada 2000, Indra Nooyi, perempuan Amerika-India ditunjuk menjadi CEO PepsiCo. Sekitar enam tahun kemudian, Vikram Pandit yang juga berdarah India diangkat menjadi CEO Citigroup.

Sejak saat itu, makin banyak orang India yang menduduki posisi puncak perusahaan AS. Berikut lima orang India yang saat ini menjabat sebagai CEO di perusahaan top Amerika:

1. Sundar Pichai (CEO Google dan Alphabet)

Sundar Pichai duduk sebagai CEO Google sekitar Oktober 2015. Tak tanggung-tanggung, pria dengan nama asli Pichai Sundararajan itu dipercaya menggantikan Larry Page yang tak lain Pendiri Google.

Picahi lahir di Madurai, Tamil Nadu dan besar di Chennai. Dia bergabung dengan Google pada 2004 sebagai engineer. Sebelas tahun kemudian, dia duduk di posisi puncak Google.

2. Satya Nadella (CEO Microsoft)

Setelah Sundar Pichai, nama Satya Nadella cukup populer di Silicon Valley. Dia adalah CEO Microsoft yang menggantikan Steve Balmer pada 2014.

Lahir di Hyderabad, Nadella bekerja di Sun Microsystems sebelum bergabung dengan Microsoft pada 1992. Selama memimpin Microsoft, pria berkepala plontos ini telah mengakuisisi Mojang, Xamarin, LinkedIn, dan Github.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua