Darmin Minta Mendag Batalkan Larangan Minyak Goreng Curah

Antara ยท Rabu, 09 Oktober 2019 - 21:03 WIB
Darmin Minta Mendag Batalkan Larangan Minyak Goreng Curah

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution. (Foto: Humas Kemenko Ekonomi)

JAKARTA, iNews.id - Rencana larangan peredaran minyak goreng curah memicu polemik di masyarakat. Kebijakan yang sedianya diterapkan mulai 1 Januari 2020 itu diminta untuk dibatalkan.

"Pokoknya pelarangannya itu batal dulu," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution di kantornya, Jakarta, Rabu (9/10/2019).

BACA JUGA:

Minyak Curah Dilarang, Gapmmi Khawatir Harga Minyak Goreng Kemasan Tak Terjangkau

Mendag Pastikan Minyak Goreng Curah Tidak Dilarang

Terkait hal ini, Menko Darmin mengaku sudah meminta Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita untuk membatalkan kebijakan tersebut.

"Saya tanya Pak Enggar, akan dibatalkan apa sudah (dibatalkan)? Pokoknya sedang dalam proses dibatalkan," kata mantan gubernur Bank Indonesia itu.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita sebelumnya mengatakan, pemerintah dan industri minyak goreng telah sepakat untuk menyediakan minyak goreng hanya dalam bentuk kemasan mulai awal tahun depan.

Mendag mengklaim kebijakan itu bukan untuk melarang minyak curah. Masyarakat tetap diberi kesempatan untuk menggunakan minyak curah, namun produsen diminta mengisi pasar dengan minyak kemasan dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp11.000 per liter.


Editor : Rahmat Fiansyah