Dear Investor Pemula, Yuk Maksimalkan Cuan dengan Analisis Fundamental! Ini Tips dari MNC Sekuritas 

MNC Media · Jumat, 11 Juni 2021 - 10:52:00 WIB
 Dear Investor Pemula, Yuk Maksimalkan Cuan dengan Analisis Fundamental! Ini Tips dari MNC Sekuritas 
MNC Sekuritas kasih tips maksimalkan cuan dengan analisis fundamental. Foto: MNC Media

JAKARTA, iNews.id – Jika Anda merupakan investor pemula, ada baiknya Anda mempelajari teknik analisis saham terlebih dahulu. Jenis analisis saham yang sesuai dengan Anda yang ingin menjadi investor saham adalah analisis saham secara fundamental. Analisis saham ini digunakan untuk menilai sebuah perusahaan layak untuk dibeli atau tidak.

Menurut Head of Marketing Online Trading MNC Sekuritas, langkah pertama yang harus Anda tentukan sebelum berinvestasi saham adalah memikirkan apa tujuan investasi Anda. Jika memang tujuannya adalah untuk jangka panjang, maka analisis saham secara fundamental ini sangat tepat untuk Anda pilih.

“Terdapat beberapa hal pokok yang harus Anda perhatikan dalam melakukan analisa saham secara fundamental, seperti memilih perusahaan yang bagus dan solid, analisis top down hingga kondisi perusahaan secara mikro dan melihat cost of fund,” kata Thomas.

Memilih Perusahaan yang Bagus dan Solid

Anda sebaiknya memilih perusahaan yang memang bagus dan solid. Anda dapat mengetahuinya dengan cara mempelajari kinerja keuangan perusahaan yang sudah terbukti bagus dan memiliki prospek yang bagus pula di masa depan. Caranya, pelajari laporan keuangan perusahaan incaran Anda selama setidaknya sekitar 5 tahun ke belakang. Hal ini juga dapat Anda gunakan untuk memprediksi prospek perusahaan di masa depan.

Analisis Top Down

Hal lain yang tidak kalah penting untuk Anda pelajari adalah analisis top down untuk melihat kondisi ekonomi negara secara makro, hingga kondisi perusahaan secara mikro. Analisis top down mencakup analisis makro, sektoral, dan mikro. Analisis makro mencakup bagaimana perkembangan inflasi serta seperti apa ekonomi negara. Sementara itu analisis sektoral melihat kondis industri. Terakhir, analisis mikro dengan melihat laporan keuangan perusahaan.

Melihat Cost of Fund

Tujuan dari analisis fundamental sendiri adalah agar Anda dapat memiliki bisnis yang baik dan dibeli di harga yang baik pula. Selain itu, tujuan utama analisis ini adalah agar Anda dapat memilih perusahaan yang mampu memberikan return lebih tinggi daripada cost of fund. Jangan sampai Anda telah mengorbankan modal yang besar untuk berinvestasi namun tidak mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang sudah Anda harapkan.

Itulah dia beberapa hal yang dapat Anda perhatikan dalam melakukan analisis saham secara fundamental. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti kelas edukasi MNC Sekuritas dan menjadi nasabah MNC Sekuritas agar bisa belajar melakukan analisis fundamental sebelum terjun ke dunia pasar modal. Segera daftar kelas edukasi saham MNC Sekuritas melalui tautan: bit.ly/EdukasiMNCS!

Editor : Jujuk Ernawati