Demi Atasi Krisis Ekonomi, Presiden Korsel Beri Pengampunan kepada Wakil Pimpinan Samsung

Jeanny Aipassa ยท Jumat, 12 Agustus 2022 - 20:17:00 WIB
 Demi Atasi Krisis Ekonomi, Presiden Korsel Beri Pengampunan kepada Wakil Pimpinan Samsung
Presiden Korsel terpilih Yoon Suk-yeol. (Foto: Reuters)

SEOUL, iNews.id - Presiden Korea Selatan (Korsel), Yoon Suk-yeol memberi pengampunan hukum kepada Wakil Pimpinan Samsung Electronics, Jay Y. Lee. Alasannya, demi membantu negara dalam mengatasi krisis ekonomi akibat tekanan global. 

Kementerian Kehakiman Korsel menyatakan pengampunan diberikan karena Wakil Pimpinan Samsung yang dijuluki "Pangeran Samsung" itu diperlukan untuk membantu mengatasi "krisis ekonomi nasional".

Pengampunan yang diberikan Presiden Yoon Suk-yeol bersifat simbolis, karena Jay Y. Lee sudah bebas bersyarat setelah menjalani 18 bulan penjara. 

Seperti diketahui, Jay Y. Lee dipenjara karena dituduh melakukan suap dalam skandal yang menyebabkan protes besar-besaran dan menjatuhkan Presiden Park Geun-hye pada tahun 2017.

Pengamat menilai pengampunan yanhg diberikan Presiden Korsel itu bermakna Jay Y. Lee dapat melakukan kegiatan bisnis dengan lebih sedikit batasan hukum, dan dapat mendatangkan beberapa investasi besar dari Samsung sebagai pembuat smartphone dan chip memori terbesar di dunia.

"Dengan kebutuhan mendesak untuk mengatasi krisis ekonomi nasional, kami dengan hati-hati memilih para pemimpin ekonomi yang memimpin mesin pertumbuhan nasional melalui investasi teknologi aktif dan penciptaan lapangan kerja untuk diampuni," kata Menteri Kehakiman Korsel, Han Dong Hoon, dalam pernyataan yang dikutip Reuters, Jumat (12/8/2022). 

Editor : Jeanny Aipassa

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda