Deretan Harta Karun di Indonesia, Mulai dari Peninggalan Soekarno hingga Belanda

Ikhsan Permana SP ยท Minggu, 14 Agustus 2022 - 17:56:00 WIB
Deretan Harta Karun di Indonesia, Mulai dari Peninggalan Soekarno hingga Belanda
Sebagai negara yang pernah mengalami penjajahan, Indonesia banyak memiliki cerita, terutama terkait harta peninggalan, beberapa dikenal dengan nama harta karun. (Foto: Ilustrasi/Antara)

JAKARTA, iNews.id - Sebagai negara yang pernah mengalami penjajahan, Indonesia banyak memiliki cerita, terutama terkait harta peninggalan. Banyak yang menceritakan bahwa di Tanah Air terdapat beberapa harta peninggalan yang dikubur atau ditenggelamkan di dasar laut yang biasa dikenal dengan sebutan harta karun.

Terdapat berbagai penelitian bahkan ekspedisi yang membidangi pencarian harta karun tersembunyi yang ada di Indonesia.

Bahkan beberapa kali ada penemuan-penemuan harta karun oleh masyarakat yang tidak disengaja. Hingga ada banyak yang menyebutkan bahwa harta karun Indonesia tersembunyi di berbagai tempat yang berbeda.

Sayangnya, pemecahan misteri harta karun dan pencariannha terkendala baik dari terbatasnya informasi yang didapatkan hingga minimnya bukti autentik.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut deretan harta karun yang ada di Indonesia: 

1. Harta karun Soekarno

Berbagai informasi menyebutkan bahwa harta karun Soekarno cukup melimpah dan bernilai fantastis. Harta karun Soekarno diduga berupa emas batangan yang juga tercetak wajah dirinya. 

Banyak informasi yang beredar bahwa kumpulan emas yang dimiliki presiden pertama Indonesia tersebut sejak masa perang terdahulu berada dan terpendam di Pulau Jawa.

Sampai saat ini keberadaan harta yang luar biasa fantastis itu masih menjadi misteri. Bahkan masih banyak kelompok yang mencarinya hingga sekarang.

2. Harta karun Tomoyuki Yamashita

Yamashita dikenal sebagai sosok jenderal dari Jepang. Jarahan yang dia lakukan bersama prajurit lainnya yang berupa emas, dikabarkan terkubur di Pulau Jawa. Hal ini Yamashita lakukan di masa penjajahannya di Indonesia.

Walaupun harta karun ini masih belum terdeteksi, namun sebagai seorang jendral yang banyak melakukan kejahatan, Tomoyuki Yamashita akhirnya menjalani hukuman di Filipina.

3. Harta karun Majapahit

Kerajaan Majapahit merupakan bagian dari sejarah Indonesia dan menjadi kerajaan terbesar di Nusantara. Beredar kabar bahwa kerajaan Majapahit yang luasnya begitu besar, menyimpan harta karun berupa emas di Pulau Jawa. 

Dengan sejarahnya yang panjang, hal ini cukup memungkinkan bahwa harta karun ini memang ada dan tersebar di berbagai tempat. Penyebaran harta karun dari Majapahit ini, meliputi berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Mulai dari Jawa, Sumatera dan Kalimantan. 

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda