Dikritik Bank Sentral, Deutsche Bank Kurangi Bonus Karyawan

Djairan ยท Minggu, 21 Februari 2021 - 19:01:00 WIB
Dikritik Bank Sentral, Deutsche Bank Kurangi Bonus Karyawan
Bank terbesar Jerman, Deutsche Bank AG mengurangi bonus karyawan usai dikritik Bank Sentral Eropa. (Foto: Ist)

FRANKFURT, iNews.id - Deutsche Bank AG membatalkan rencana pemberian bonus besar kepada manajemen dan karyawan. Keputusan itu diambil setelah mendapatkan kritikan tajam dari Bank Sentral Eropa (ECB).

Bank terbesar di Jerman itu awalnya akan memberikan bonus lebih dari 2 miliar euro untuk karyawan, termasuk manajemen. Namun, jumlah itu akhirnya dikurangi setelah berdiskusi dengan regulator.

CEO Deutsche Bank, Christian Sewing menjanjikan bonus besar kepada karyawannya setelah pendapatan bank melonjak dari divisi sekuritas. Namun, ECB menilai langkah tersebut tak tepat di tengah krisis karena bisa berdampak buruk bagi industri lain.

"Kami tentu saja sangat memperhatikan arahan dari ECB untuk menerapkan kompensasi yang tidak terlalu tinggi. Kami tetap akan memperhatikan keseimbangan antara kinerja perusahaan dengan kebutuhan untuk memberikan kompensasi berdasarkan kinerja," katanya dikutip dari Bloomberg, Minggu (21/2/2021).

Pada 2019, Deutsche Bank menganggarkan 1,52 miliar euro, lebih rendah 22 persen daripada tahun sebelumnya. Pengurangan tersebut dilakukan setelah perusahaan rugi 5,7 miliar dolar AS akibat depresiasi nilai aset dan restrukturisasi biaya.

Sepanjang 2020, pendapatan Deutsche Bank dari biaya jual beli di pasar keuangan naik hingga 28 persen dibandingkan 2019. Porsinya terhadap total pendapatan juga naik menjadi di atas 10 persen. 

Editor : Rahmat Fiansyah