Dikuasai Bank Korea, Bukopin Bakal Perkuat Bisnis KPR

Kunthi Fahmar Sandy ยท Minggu, 23 Agustus 2020 - 16:08 WIB
Dikuasai Bank Korea, Bukopin Bakal Perkuat Bisnis KPR

Bank Bukopin juga akan meningkatkan layanan pada pengajuan kredit pemilikan rumah (KPR) yang menjadi spesialisasi Kookmin Bank. (Foto: ilustrasi/Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Bank asal Korea, Kookmin Bank resmi menjadi pemegang saham pengendali PT Bank Bukopin Tbk. Pengambilalihan kendali tersebut memperkuat posisi Bukopin untuk ekspansi kredit.

Kookmin Bank kini memiliki 33,9 persen saham Bukopin. Pembelian saham dilakukan lewat skema Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) sebanyak 2,97 miliar lembar saham senilai Rp830 miliar. Dana tersebut membuat likuiditas Bukopin lebih kuat.

Direktur Utama Bukopin, Rivan Purwantono mengatakan, inti bisnis Bukopin dan Kookmin sama-sama bergerak di sektor ritel. Saat ini, porsi kredit Bukopin 80 persen ritel dan sisanya korporasi.

Kehadiran Kookmin, kata dia, juga membuat Bukopin melakukan perombakan dari sisi manajemen.

"Transformasi manajemen sebagai salah satu bentuk kolaborasi Bukopin dengan Kookmin, sehingga dapat mengoptimalkan fundamental yang telah dimiliki Bukopin sejak dahulu, yaitu usaha mikro, kecil dan menengah termasuk juga koperasi," kata Rivan, Minggu (23/8/2020).

Selain ritel, kata dia, Bukopin juga akan meningkatkan layanan pada pengajuan kredit pemilikan rumah (KPR). Menurut Rivan, kerja sama ini akan diperkuat mengingat Kookmin memiliki spesialisasi pada kredit mortgage.

Mantan direktur keuangan PT KAI (Persero) itu menyebut, kerja sama akan dilakukan dalam proses percepatan proses penilaian aset calon dalam satu jam. Dengan penambahan investasi, transformasi dapat lebih cepat, sehingga mampu melayani nasabah dengan lebih baik lagi.

"Service Level Agreement (SLA) kalau bisa 1-2 jam bisa disetujui, kemarin ketika kita coba simulasikan ternyata bisa selesai di bawah 1 jam. Kredit pensiun juga sekarang kan masih manual dan masih harus secara langsung ketemu nasabah. Nanti akan dikolaborasikan, bisnis UMKM ini mereka biasanya adalah nasabah KPR, dan KPR-UMKM sebagian adalah pensiunan," tuturnya.

Rivan menambahkan, Kookmin Bank telah berkomitmen melakukan sharing knowledge tidak hanya pada proses bisnis, tetapi juga pada sektor teknologi. Di Korea, Kookmin sudah sangat dikenal dengan teknologi yang handal.

Editor : Rahmat Fiansyah