Dirut Garuda Indonesia: Lebih Dari 400 Karyawan Pensiun Dini

Suparjo Ramalan ยท Jumat, 24 Juli 2020 - 12:25 WIB
Dirut Garuda Indonesia: Lebih Dari 400 Karyawan Pensiun Dini

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Garuda Indonesia menawarkan kompensasi pensiun dini bagi karyawan yang berusia di atas 45 tahun. Sekitar 400 karyawan mengambil pensiun dini.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan maskapai tetap mengedepankan cara-cara yang tidak merugikan karena untuk menyudahi kontrak kerja. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) selalu menjadi opsi terakhir.

Irfan mengatakan, ratusan karyawan yang memutuskan pensiun dana diberikan kompensasi. Mereka memiliki alasan yang relatif berbeda-beda sebelum mengambil keputusan tersebut.

"Kita tawarkan pensiun dini, Alhamdulillah sudah lebih dari 400 orang yang mengambil, ada beberapa yang ingin istirahat, ada beberapa yang memilih ke perusahaan lain, dan ada beberapa yang memutuskan untuk berbisnis," kata Irfan, Jumat (24/7/2020).

Mantan direktur utama PT INTI (Persero) itu mengaku harus bekerja keras mempertahankan Garuda Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Efisiensi terus dilakukan, termasuk pengurangan karyawan.

Langkah tersebut diambil agar beban operasional Garuda bisa berkurang. Pasalnya, pendapatan perusahaan turun drastis akibatnya sepinya penumpang.

"Yang bisa menyelamatkan Garuda atau recovery adalah penumpang, pemerintah yang membantu dana itu hanya bersifat sementara, yang recovery itu memang penumpang. Ini yang kita pastikan," ujarnya.

Selain menawarkan pensiun dini, Garuda Indonesia juga melakukan pemotongan gaji 10 hingga 50 persen untuk seluruh posisi dari staf hingga direktur. Semakin tinggi jabatannya, semakin besar persentase pemotongan gaji.

Editor : Rahmat Fiansyah