Diskon Tiket Pesawat 50 Persen Berlaku 3 Bulan, Menhub: Bisa Diperpanjang

Antara ยท Rabu, 26 Februari 2020 - 19:10 WIB
Diskon Tiket Pesawat 50 Persen Berlaku 3 Bulan, Menhub: Bisa Diperpanjang

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah menerapkan kebijakan diskon tiket pesawat antara 40-50 persen sebagai stimulus untuk mengurangi dampak wabah virus korona. Kebijakan ini berlaku selama tiga bulan pada low season (Maret-Mei 2020).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kebijakan diskon tiket pesawat tersebut bisa saja diperpanjang tergantung situasi dan kondisi.

“Kita beri kesempatan tiga bulan, nanti kita lihat apakah situasinya sudah recover (pulih), kalau memang belum recover, kita pertimbangkan untuk diperpanjang,” kata Menhub di Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu mengatakan, pemerintah akan memberikan insentif kepada maskapai sebagai kompensasi atas diskon tiket pesawat. Dia menyebut, jika kebijakan itu nantinya diperpanjang, maka maskapai akan mendapatkan tambahan insentif.

"Kalau slot, kalau memang ada tambahan, ya kita tambah nanti insentifnya,” katanya.

Kebijakan diskon tiket pesawat ditujukan untuk 10 destinasi wisata prioritas, yaitu Batam, Denpasar, Yogyakarta, Labuan Bajo, Lombok, Malang, Manado, Toba, Tanjung Pandan, dan Tanjung Pinang.

Langkah ini diputuskan karena penerbangan internasional berkurang akibat virus korona. Dari kebijakan ini, penumpang bisa menikmati diskon antara 40-50 persen yang diberlakukan untuk 25 persen kursi dari total kursi yang tersedia.

“Kita memberikan kesempatan 25 persen atas kapasitas seat (kursi), dan itu kan mereka bisa menambal paling enggak 20 persen,” kata Menhub.

Editor : Rahmat Fiansyah