Dompet Digital Paling Banyak Dipakai di Indonesia, Ada yang Sudah Kamu Gunakan?

Inas Rifqia Lainufar ยท Senin, 27 Juni 2022 - 20:55:00 WIB
Dompet Digital Paling Banyak Dipakai di Indonesia, Ada yang Sudah Kamu Gunakan?
Dompet digital paling banyak dipakai di Indonesia (ilustrasi: iNews.id/Komaruddin Bagja A)

JAKARTA, iNews.id - DailySocial telah melakukan survei untuk menentukan dompet digital paling banyak dipakai di Indonesia. Survei tersebut dilakukan pada tahun 2021 silam.

Survei tersebut dilakukan untuk melihat kecenderungan masyarakat Indonesia yang mulai menggunakan dompet digital sebagai alat pembayaran transaksi terbaru. Tren penggunaan dompet digital bahkan disebut-sebut meningkat sejak pandemi covid-19 merebak di Indonesia.

Dompet digital banyak dipilih karena dinilai lebih praktis dibandingkan saat bertransaksi dengan menggunakan uang tunai.

Lalu, bagaimana hasil survei yang dilakukan oleh DailySocial tersebut? Berikut ini iNews.id rangkum daftar dompet digital yang paling banyak digunakan di Indonesia.


Dompet digital paling banyak dipakai di Indonesia

1.OVO

OVO ternyata menduduki posisi pertama sebagai dompet digital yang paling banyak digunakan di Indonesia. Sebanyak 58,9 persen responden mengatakan bahwa OVO adalah dompet digital yang sering kali dipakai.

Tingginya persentase penggunaan OVO sebagai dompet digital pilihan masyarakat Indonesia ini ditengarai oleh meningkatnya transaksi yang dilakukan merchant online. 
Selain itu, OVO merupakan dompet digital yang terintegrasi dengan aplikasi ojek online Grab yang sangat populer di Indonesia.


2.GoPay

Di posisi kedua, GoPay menjadi aplikasi dompet digital terbanyak digunakan di Indonesia. Tak berbeda jauh dengan OVO, GoPay juga menjadi dompet digital yang terintegrasi dengan aplikasi ojek online Gojek.

Dengan demikian, tak heran jika sebanyak 58,4 persen responden survei mengatakan bahwa GoPay adalah dompet digital yang sering digunakan.

Tak hanya itu, GoPay kini semakin dilirik karena telah meluncurkan fitur keamanan ekstra agar saldo pengguna yang hilang karena penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dapat dikembalikan.

3.ShopeePay

Dompet digital yang yang terintegrasi dengan aplikasi e-commerce Shopee juga begitu populer digunakan di Indonesia. Sebanyak 56,4 persen responden menyatakan bahwa ShopeePay sering kali digunakan untuk bertransaksi.

ShopeePay menggaet calon penggunanya dengan berbagai promo menarik.

Tingginya penggunaan ShopeePay sebagai dompet digital tentu tak lepas dari banyaknya pengguna e-commerce Shopee di Indonesia. Aplikasi Shopee bahkan menjadi e-commerce ketiga paling banyak digunakan di Indonesia.

4.DANA

Sebanyak 56,7 persen responden mengungkapkan bahwa DANA menjadi aplikasi dompet digital yang paling banyak digunakan.

Pertumbuhan pengguna dompet digital ini juga terus mengalami kenaikan. Pengguna dompet digital tersebut paling banyak berasal dari kalangan muda, yakni antara usia 18 sampai 35 tahun.

Banyaknya pengguna DANA ini ditengarai oleh adanya fitur voucher digital yang tidak bisa ditemukan di seluruh aplikasi dompet digital.

Selain itu, DANA juga memperbarui tampilan antarmukanya agar lebih sederhana untuk dijalankan oleh semua kalangan.

5.LinkAja

LinkAja menduduki posisi kelima sebagai aplikasi dompet digital paling banyak digunakan di Indonesia. Sebanyak 18,4 persen responden menggunakan aplikasi LinkAja untuk keperluan transaksi sehari-hari.

Tampilan antarmuka LinkAja yang sederhana juga menjadi salah satu penyebab digandrunginya dompet digital tersebut.

Saat ini, LinkAja telah berkolaborasi dengan Muslimat Nahdlatul Ulama dan Paybill untuk menghadirkan layanan keuangan digital berbasis syariah.

Nah, itulah 5 dompet digital paling banyak dipakai di Indonesia menurut survei dari DailySocial. Mana yang paling sering kamu gunakan?

Editor : Komaruddin Bagja

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda