Dorong Energi Terbarukan, Miliarder India Mukesh Ambani Akan Investasi Rp1.145 Triliun

Jeanny Aipassa ยท Senin, 17 Januari 2022 - 07:41:00 WIB
Dorong Energi Terbarukan, Miliarder India Mukesh Ambani Akan Investasi Rp1.145 Triliun
Pendiri Reliance, Mukesh Ambani. (Foto: AFP)

NEW DELHI, iNews.id - Miliarder India, Mukesh Ambani, akan menginvestasikan 80 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp1.145 triliun untuk mendorong proyek-proyek energi terbarukan

Hal itu, ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Reliance Industries yang didirikan Mukesh Ambani, dengan pemerintah negara bagian Gujarat dalam proyek-proyek hijau. 

Dalam pengumuman Reliance Industries kepada National Stock Exchange of India, seperti dikutip Forbes pada Senin (17/1/2022), disebutkan investasi tersebut diharapkan akan membuat negara bagian Gujarat mencapai emisi karbon nol persen pada 2035. 

Pengumuman Reliance Industries itu, menunjukkan bahwa Mukesh Ambani telah meningkatkan ambisinya untuk berinvestasi dalam proyek-proyek hijau. 

Pada Juni 2021, orang terkaya di Asia itu juga mengumumkan rencana untuk menginvestasikan 10 miliar dolar AS pada proyek energi terbarukan.

Dijelaskan, untuk membantu Gujarat mencapai nol karbon, Reliance Industries mengusulkan untuk menginvestasikan lima triliun rupee (67,4 miliar dolar AS) di negara bagian tersebut selama 10 hingga 15 tahun untuk mendirikan pembangkit listrik energi terbarukan dengan tenaga 100 gigawatt dan pengembangan sistem ekologi hidrogen hijau. 

Reliance Industries akan mengembangkan ekosistem untuk membantu usaha kecil dan menengah (UKM) dan mendorong pengusaha untuk mengadopsi teknologi dan inovasi baru yang mengarah pada penggunaan energi terbarukan dan hidrogen hijau.

Perusahaan menyatakan, akan menginvestasikan lagi 600 miliar rupee (8,1 miliar dolar AS) dalam mendirikan manufaktur energi baru yang terintegrasi manufaktur terbarukan untuk membuat panel surya, elektroliser dan sel bahan bakar. 

Selanjutnya, akan dikucurkan investasi sebesar 250 miliar rupee (3,37 miliar dolar AS) yang direncanakan digunakan untuk proyek yang ada dan usaha baru selama 3 sampai 5 tahun ke depan. 

Reliance Industries akan berinvestasi untuk meningkatkan operator selulernya, Jio untuk menggunakan 5G dan untuk memperluas bisnis ritelnya.

Inisiatif Mukesh Ambani untuk dekarbonisasi dan menciptakan ekosistem hijau itu, untuk mendukung rencana Perdana Menteri India, Narendra Modi. 

Hingga November, kapasitas energi terbarukan terpasang India telah mencapai 150 GW, hampir 40 persen dari total kapasitas listrik terpasang 392 GW. 

Negara ini memiliki target untuk memiliki 500 GW kapasitas energi terbarukan terpasang pada tahun 2030 dan menjadi nol karbon bersih pada tahun 2070.

Reliance Industries adalah perusahaan sektor swasta terbesar di India, dengan pendapatan mencapai 73,8 miliar dolar AS pada tahun yang berakhir Maret 2021. 

Reliance Industries berada di urutan ke-55 dalam peringkat Forbes Global 2000 "Perusahaan Publik Terbesar Dunia" pada 2021, dan menduduki posisi teratas di antara perusahaan India.

Unit Reliance Industries membuat plastik dan petrokimia di kompleks penyulingan terbesar di dunia di Gujarat. Perusahaan ini juga mencakup Jio, penyedia telekomunikasi seluler terbesar di India dan Reliance Retail, pengecer terbesar di India.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: