Dorong Kemajuan Sepak Bola Nasional, BRI Kembali Jadi Sponsor Utama BRI Liga 1

Anindita Trinoviana ยท Sabtu, 23 Juli 2022 - 17:33:00 WIB
Dorong Kemajuan Sepak Bola Nasional, BRI Kembali Jadi Sponsor Utama BRI Liga 1
BRI kembali menjadi sponsor utama kompetisi sepak bola BRI Liga 1 musim 2022/2023. (Foto: dok BRI)

BALI, iNews.id - Ajang kompetisi kasta tertinggi sepak bola di Indonesia BRI Liga 1 musim 2022/2023 bakal kembali bergulir mulai 23 Juli 2022. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali ambil bagian menjadi titling sponsor utama dalam ajang kompetisi tersebut sebagai wujud komitmen memajukan industri sepak bola tanah air.

Dalam Press Conference Launching BRI Liga 1 (23/7/2022), Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengatakan, animo pecinta sepak bola terhadap BRI Liga 1 semakin terasa jelang kompetisi bergulir. Terlebih, pecinta sepak bola kini sudah dapat menyaksikan pertandingan secara langsung di stadion.

Partisipasi BRI pada BRI Liga 1 musim 2022/2023 untuk yang kedua kalinya, dikarenakan perhelatan BRI Liga 1 pada 2021/2022 sebelumnya dinilai telah berjalan dengan baik.

“BRI menilai pergelaran BRI Liga 1 musim lalu telah terselenggara dengan sangat baik dari sisi olahraga, hiburan dan juga dampak sosial maupun ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Catur menuturkan latar belakang dan pertimbangan, mengapa BRI kembali menjadi Title Sponsor BRI Liga 1 musim 2022/2023. Pertama, dari sisi ekonomi, BRI ingin terus menghidupkan mata rantai ekonomi kerakyatan melalui industri sepak bola nasional.

Menurut penelitian LPEM FEB UI, kompetisi ini dapat menggerakkan perekonomian sebesar Rp3 triliun.

“Dan penyelenggaraan BRI Liga 1 musim lalu tersebut turut berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi atau PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia pada kuartal-I tahun 2022 yang mampu tumbuh 5,01 persen YoY,” tuturnya.

Kedua, sepak bola adalah olahraga rakyat dengan jumlah penggemar terbanyak di Indonesia, bahkan dunia. Hal ini sesuai dengan profil BRI yang memiliki keinginan untuk melayani masyarakat sebanyak-banyaknya dengan biaya se-efisien mungkin.

“Oleh karena itu, BRI Liga 1 menjadi sarana yang efektif dan efisien untuk mengkomunikasikan layanan dan produk BRI, khususnya Super Apps digital banking BRImo yang saat ini telah digunakan oleh 17,7 juta user,” ujar Catur.

Ketiga, BRI juga berharap BRI liga 1 dapat memberi dampak positif terhadap iklim kompetisi sepak bola nasional, sehingga liga ini dapat mencetak talenta-talenta muda berbakat yang akan mendorong prestasi sepak bola Indonesia di pentas dunia.

Selain ketiga hal tersebut, Catur menjelaskan bahwa perhelatan BRI Liga 1 musim 2022/2023 kali ini berbeda apabila dibandingkan dengan musim lalu.

“Saat ini alhamdulillah pandemi sudah lebih terkendali sehingga aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat sudah mulai kembali pulih, sehingga saat ini pertandingan sudah dapat dihadiri langsung oleh supporter secara bertahap sebanyak 75 persen dari kapasitas stadion,” katanya.

Dia juga mengatakan, oleh karenanya, kami optimis BRI Liga 1 musim ini akan mampu memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap perekonomian dan akan memberi multiplier effect yang lebih besar kepada UMKM di industri turunannya, seperti pelaku usaha jersey, merchandise, transportasi, hingga usaha rumah makan atau kuliner, dan sebagainya.

Editor : Anindita Trinoviana

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda