Dorong Transaksi Non Tunai, Bank Mandiri Kembangkan Akses Pembayaran QRIS di Gerai McDonald’s

Rizqa Leony Putri, syarif wibowo · Kamis, 08 April 2021 - 14:54:00 WIB
Dorong Transaksi Non Tunai, Bank Mandiri Kembangkan Akses Pembayaran QRIS di Gerai McDonald’s
Bank Mandiri menggandeng McDonald’s untuk mengembangkan akses pembayaran dengan scan kode QRIS di aplikasi mobile banking Livin’ by Mandiri.

JAKARTA, iNews.id - Bank Mandiri terus mengembangkan akses pembayaran non-tunai untuk kemudahan dan kenyaman transaksi nasabah di masa pandemi. Kali ini, pihaknya menggandeng restoran cepat saji McDonald’s untuk mengembangkan akses pembayaran dengan scan kode QRIS di aplikasi mobile banking Livin’ by Mandiri.

Dalam kerjasama ini, McDonald’s menerima pembayaran QR menggunakan aplikasi Livin’ by Mandiri berstandar QRIS di berbagai gerai McDonald’s di seluruh Indonesia agar nasabah dapat menikmati fasilitas ini di gerai terdekat.

Menurut SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi, inisiatif ini merupakan solusi pembayaran secara digital yang mudah dan andal, tanpa memerlukan uang tunai. Harapannya, cara pembayaran ini dapat semakin digemari dan menjadi pilihan utama untuk bertransaksi di masa pandemi.

“Seiring dengan keinginan Bank Mandiri menjadi mitra finansial utama pilihan nasabah, kami akan terus menambah jumlah mitra merchant yang menjadi mitra perseroan dalam memperluas akses transaksi online masyarakat, termasuk transaksi dengan kode QRIS,” kata Thomas.

Hingga akhir Maret 2021, mitra merchant yang dapat melayani berbagai transaksi non tunai Bank Mandiri terus bertambah hingga lebih dari 600.000 merchant EDC fisik, QR Statis dan e-commerce/online. Merchant-merchant tersebut berasal dari berbagai sektor ekonomi, seperti F&B, Fashion, groceries, pariwisata, supermarket/department store, online merchant dan retail merchant lainnya. 

Dari jumlah merchant tersebut, tercatat frekuensi transaksi finansial melalui scan kode QR yang dibukukan periode Januari-Maret 2021 mencapai hampir 700 ribu transaksi dengan nilai volume lebih dari Rp40 miliar, tumbuh 95 persen dari periode yang sama tahun lalu.

“Untuk meningkatkan interaksi dan transaksi finansial nasabah, kami juga secara periodik melakukan program promo, berupa cashback yang menarik, termasuk di gerai McDonald’s,” ujarnya

Dia menjelaskan bahwa program promo di seluruh gerai McDonald’s dilakukan dalam beberapa periode. Pada periode awal, nasabah dapat menikmati cashback sebesar 77 persen untuk minimal transaksi Rp100.000 yang akan berlangsung pada 8-10 April 2021. Program promo kemudian dilanjutkan dengan cashback 5 persen setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu hingga Agustus 2021.

“Bank Mandiri hadir untuk terus berkembang bersama mitranya. Oleh karena itu, Bank Mandiri akan terus melakukan inovasi di bidang transaksi digital seiring dengan meningkatnya kebutuhan solusi baru di era teknologi informasi ini,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Finance & IT McDonald’s Indonesia Yanti Lawidjaja mengungkapkan bahwa pihaknya menyambut positif kerja sama penyediaan layanan pembayaran online dengan Bank Mandiri. Pihaknya akan terus mengembangkan kerjasama dengan Bank Mandiri, termasuk dalam pemanfaatan layanan transaksi pembayaran online ataupun layanan perbankan lainnya.

"Kemudahan pelanggan dalam melakukan pembayaran tentu akan menambah daya tarik McDonald’s sebagai salah satu restoran cepat saji utama pilihan keluarga Indonesia. Kami berharap, kerjasama ini akan terus meningkatkan jumlah pelanggan yang mengunjungi 240 gerai resmi restoran McDonald’s di seluruh Indonesia,” ucap Yanti. (CM)

Editor : Syarif Wibowo