Duh, Minyak Goreng Rp14.000 per Liter Belum Tersebar di Pasar Tradisional Hari Ini

Advenia Elisabeth ยท Rabu, 26 Januari 2022 - 12:26:00 WIB
Duh, Minyak Goreng Rp14.000 per Liter Belum Tersebar di Pasar Tradisional Hari Ini
Pedagang di pasar tradisional wajib menjual minyak goreng satu harga Rp14.000 per liter mulai Rabu (26/1/2022). (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Minyak goreng Rp14.000 per liter hingga Rabu (26/1/2022) siang, belum tersebar di pasar tradisional. Padahal pemerintah menjadwalkan distribusi minyak goreng satu harga di pasar tradisional dilakukan secara serentak pada hari ini.

Pipin, salah satu pedagang di Pasar Tradisional Mangunjaya, Bekasi, Jawa Barat, mengaku belum menjual minyak goreng satu harga di tokonya. Hal itu karena pihak sales agen belum memberikan informasi terkait program pemerintah tersebut.

"Saya belum jual harga segitu. Belum tahu juga infonya kalau hari ini penjualan minyak goreng 14.000 per liter itu udah mulai. Sales juga nggak ada kasih info ke saya," ujar Pipin saat di temui MNC Portal Indonesia, di Pasar Tradisional Mangunjaya, Bekasi, Rabu (26/1/2022).

Dia mengungkapkan, hingga Jumat (21/1/2022), pihak sales agen yang datang ke tokonya masih menjual dengan harga yang lama. Oleh karena itu, hingga hari ini Pipin masih menjual minyak goreng ukuran 1 liter seharga Rp20.000, sedangkan ukuran 2 liter Rp40.000.

"Distributor masih kasih harga lama, jadi kita jual harga lama juga. Rugi kita kalau pakai harga pemerintah," ungkap Pipin. 

Pernyataan senada disampaikan Murni. Dia mengatakan belum menerima distribusi minyak goreng Rp14.000 dari agen yang biasa datang ke tokonya. "Enggak ada, mereka (sales) aja nggak dateng hari ini. Terakhir mereka dateng tuh hari Jumat. Itu pun masih harga lama," kata Murni.

Lantaran harga dari distributor mahal, sedangkan harga minyak goreng di ritel modern dipatok Rp14.000 per liter, Murni pun tak lagi membeli minyak goreng dari agen untuk persediaan. 

"Ini stok seadanya saja. Saya enggak nambah lagi, takut rugi karena toh di ritel harganya sudah Rp14.000 per liter," ungkap Murni. 

Sementara pedagang lainnya, Udin turut memberikan keterangan yang serupa. Hari ini dirinya belum mendapatkan minyak goreng subsidi yang disalurkan Pemerintah.  "Sudah dengar info ada program itu. Hari ini kan perdananya, tapi nyatanya belum ada. Belum masuk sama sekali," imbuh Udin saat ditemui MNC Portal Indonesia. Oleh sebab itu, Udin menyebut, dirinya masih menjual minyak goreng dengan harga yang lama yakni Rp 20.000 per liter.

Sebelumnya, dalam keterangan tertulis, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyatakan bahwa minyak goreng yang dijual seharga Rp14.000 per liter hanya tersedia di ritel modern pada pekan pertama yang di mulai pada Rabu, 19 Januari 2022. 

Kemudian minyak goreng Rp14.000 tersebut akan didistribusikan ke pasar tradisional seminggu setelah didistribusikan ke pasar modern. Artinya, pedagang di pasar wajib menjual minyak goreng dengan satu harga yang sudah ditetapkan pemerintah.

Namun dari reportase MNC Portal Indonesia hingga Rabu (26/1/2022) siang, minyak goreng satu harga di sejumlah pasar tradisional di wilayah Bekasi belum diimplementasikan.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: