Ekspor Produk Halal Indonesia Kalah dari Malaysia

Giri Hartomo ยท Kamis, 03 Juni 2021 - 15:14:00 WIB
Ekspor Produk Halal Indonesia Kalah dari Malaysia
Wapres Ma`ruf Amin. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Ma’ruf Amin meminta ekspor produk halal Indonesia ke Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) ditingkatkan. Ini karena sebagai pasar produk Muslim memiliki potensi yang besar. 

Ma’ruf Amin pun meminta supaya Indonesia bekerja lebih keras lagi untuk menguasai pasar halal dunia. Ini lantaran ekspor produk halal asal Indonesia masih kalah dengan beberapa negara Muslim lainnya di dunia, termasuk negara tetangga Malaysia.

Data OIC Economic Outlook 2020 menunjukkan, di antara negara-negara anggota OKI, Indonesia masih berada di posisi kelima sebagai eksportir produk halal terbesar di dunia. Di mana proporsi ekspor produk halal Indonesia hanya 9,3 persen. 

Posisi Indonesia kalah dengan Arab Saudi dengan 14,5 persen, Malaysia dengan proporsi sebesar 13,3 persen. Selain itu, Uni Emirat Arab atau UEA dengan 12,3 persen, dan Turki dengan 10,1 persen.

“Potensi Indonesia sebagai pasar produk Muslim perlu dibarengi dengan peningkatan kinerja ekspor Indonesia ke luar negeri, khususnya ke negara-negara OKI,” kata dia dalam acara Indonesia Industrial Moslem Exhibition secara virtual, Kamis (3/6/2021).

Sementara untuk negara importir produk halal, Indonesia berada di posisi keempat, dengan proporsi sebesar 8,4 persen. Di posisi pertama adalah UEA dengan proporsi 12,2 persen. 

Di tempat kedua, Turki dengan proporsi 12,1 persen. Kemudian disusul Malaysia dengan proporsi 11,8 persen. 

“Oleh karena itu Indonesia harus lebih gigih berusaha menguasai pasar halal dunia khususnya negara-negara OKI,” tandasnya.

Editor : Jujuk Ernawati