Elon Musk Bertemu Presiden Brasil, Luncurkan Starlink untuk 19.000 Sekolah di Desa Dekat Hutan Amazon

Jeanny Aipassa ยท Sabtu, 21 Mei 2022 - 11:08:00 WIB
Elon Musk Bertemu Presiden Brasil, Luncurkan Starlink untuk 19.000 Sekolah di Desa Dekat Hutan Amazon
Elon Musk. (Foto: Reuters)

RIO DE JANEIRO, iNews.id - Elon Musk bertemu dengan Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, untuk membahas konektivitas internet dan pelestarian hutan Amazon, pada Jumat (20/5/2022). 

Pada kesempatan itu, Elon Musk meluncurkan Starlink untuk 19.000 sekolah di daerah pedesaan yang tidak terhubung konektivitas internet. Teknologi yang dikembangkan Starlink dan SpaceX itu, juga dimaksudkan untuk memantau kondisi hutan Amazon.

“Sangat senang berada di Brasil untuk peluncuran Starlink bagi 19.000 sekolah yang tidak terkoneksi di daerah pedesaan & pemantauan lingkungan Amazon,” bunyi cuitan Elon Musk di akun Twitternya, Jumat (20/5/2022) pagi waktu setempat.

Pertemuan Elon Musk dan Presiden Brasil yang diinisiasi Menteri Komunikasi Brasil, Fabio Faria, berlangsung di resor mewah yang berada di negara bagian Sao Paulo. 

Sebelumnya, Fabio Faria mengatakan sedang mencari kemitraan dengan orang terkaya di dunia ini untuk meningkatkan jaringan internet di sekolah dan fasilitas kesehatan di daerah pedesaan dekat hutan Amazon. 

Pada kesempatan itu, Jair Bolsonaro menyampaikan kepada Elon Musk bahwa kawasan hutan Amazon “sangat penting” bagi Brasil dan juga dunia. Dia berharap teknologi Starlink akan menghubungkan kawasan Amazon dengan semua orang di berbagai belahan dunia. 

“Kami mengandalkan Elon Musk agar Amazon dikenal oleh semua orang, baik di Brasil maupun dunia, untuk menunjukkan kegembiraan wilayah ini, bagaimana kami melestarikannya, dan seberapa besar kerugian yang dilakukan oleh mereka yang menyebarkan kebohongan tentang wilayah ini terhadap kami," kata Jair Bolsonaro.

Sementara Elon Musk mengatakan peluncuran Starlink untuk sekolah dan layanan kesehatan di wilayah pedesaan diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar hutan Amazon. 

"Banyak yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup melalui teknologi," kata Elon Musk. 

Kegiatan ilegal di hutan hujan Amazon telah dipantau oleh beberapa lembaga, seperti badan antariksa nasional, polisi federal, dan pengatur lingkungan Ibama.

Mereka mengkritik Jair Bolsonaro sebagai pihak yang telah menyebabkan deforestasi di hutan Amazon melonjak dan semakin parah. Data resmi dari Badan Antariksa Nasional juga menyebut tahun lalu merupakan tingkat desforestasi tahunan tertinggi yang terjadi dalam lebih dari satu dekade. 

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: