Empat Jalur Jadi Orang Kaya, Mana yang Paling Cepat?

Rahmat Fiansyah ยท Sabtu, 30 November 2019 - 21:07 WIB
Empat Jalur Jadi Orang Kaya, Mana yang Paling Cepat?

Kaya. (Foto: ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Banyak orang ingin kaya agar hidupnya lebih bahagia. Namun seringkali mereka tidak tahu bagaimana cara meraih kekayaan.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (29/11/2019) Tom Corley, penulis buku 'Rich Habits: The Daily Success Habits of Wealth and Succesful in Life' mengatakan, ada formula untuk mengakumulasi harta. Formula tersebut dirangkum selama proses observasi dan dokumentasi dalam lima tahun terakhir.

Objek penelitiannya yaitu mereka yang mempunyai penghasilan minimal 160.000 dolar AS setahun dan aset sedikitnya 3,2 juta dolar AS. Berikut empat formula atau jalur untuk meraih kekayaan:

1. The Saver-Investors Path

Apapun pekerjaannya, individu yang berada di jalur ini selalu menabung dan menginvestasikan uangnya secara rutin. Mereka secara konstan mengembangkan asetnya hingga kaya.

2. The Company Climbers Path

Sesuai namanya, individu ini bekerja di perusahaan besar dan mendedikasikan seluruh waktu dan energinya untuk meniti karier hingga posisi puncak. Mereka mengincar gaji tinggi untuk kaya.

3. The Virtuosos Path

Individu yang memilih jalur ini biasanya memiliki keahlian tinggi dengan bayaran besar, misalnya pengacara atau dokter. Namun, jalur ini membutuhkan pendidikan tinggi.

4. The Dreamer Path

Mereka adalah orang-orang yang ingin kaya dengan menempuh jalur sesuai passion. Mereka memulai bisnis sendiri atau menjadi aktor, musisi, atau penulis sukses. Para pemimpi ini mencintai apa yang mereka lakukan dan passion terus mengisi rekening bank mereka.

Lalu, jalur mana yang tercepat? Menurut Corley, jalur tercepat untuk menjadi kaya yaitu jalur para pemimpi. Dia menyebut, jalur ini paling menjamin uang yang banyak.

Dalam studinya, 28 persen individu memilih jalur pemimpi dengan kekayaan rata-rata 7,4 juta dolar AS. Nilai hartanya jauh di atas jalur-jalur lain dan rata-rata bisa kaya dalam waktu 12 tahun.

Kendati demikian, kata Corley, jalur ini juga menjadi yang paling sulit, paling berisiko, dan paling bikin stres. Dalam periode terburuk, hari-hari mereka bisa dipenuhi tantangan, kejatuhan, kesalahan, kekecewaan, penolakan, dan kesulitan keuangan.

Mengapa demikian? Mereka yang kaya dari jalur ini akan mengalami empat situasi. Pertama, jam kerja lebih panjang hingga 65-75 jam per minggu. Kedua, gaya hidup yang melelahkan karena berhemat.

Ketiga, risiko tinggi karena mempertaruhkan banyak hal dalam hidup mereka tanpa jaminan sukses. Keempat, demotivasi karena tujuan mereka biasanya sangat ambisius sehingga terkadang mereka ingin menyerah.

Corley mengungkapkan para pemimpi yang akhirnya menjadi kaya adalah mereka yang sangat percaya diri bahwa mereka akan sukses.

"Dan mereka mau membayar banyak untuk memuluskan jalan mereka demi terwujudnya cita-cita," ujar Corley.

Editor : Rahmat Fiansyah