Erick Thohir: Di Bawah Kepemimpinan Jokowi, Indonesia Punya BSI yang Masuk 10 Besar Bank

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 21 September 2021 - 16:15:00 WIB
Erick Thohir: Di Bawah Kepemimpinan Jokowi, Indonesia Punya BSI yang Masuk 10 Besar Bank
Menteri BUMN Erick Thohir sebut di bawah Kkepemimpinan Jokowi, Indonesia punya BSI yang masuk 10 besar bank

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Indonesia memiliki Bank Syariah (BSI) yang masuk 10 bank terbesar di negeri ini.  

Dia menyebut, pertumbuhan pendanaan BSI berhasil mengungguli bank konvensional dan bank syariah di dalam negeri. Berdasarkan catatan, pertumbuhan pendanaan BSI naik beberapa persen setelah terbentuk. 

"Dari laporan yang kami lihat dan kami telusuri memang pertumbuhan dari pendanaan syariah ini performance-nya saat ini lebih baik daripada bank konvensional di atas beberapa persen," kata Erick saat peresmian pabrik Hot Strip Mill 2 (HSM 2) milik PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, Selasa (21/9/2021). 

Karena itu, menurut dia, untuk pertama kalinya Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi mampu mendirikan bank syariah terbesar. Nahkan, BSI digadang-gadang masuk 10 bank terbesar dalam negeri. 

BSI merupakan hasil merger tiga bank syariah pelat merah, yakni Bank BRI Syariah, Bank Mandiri Syariah, dan Bank BNI Syariah yang sudah diresmikan beberapa waktu lalu. 

BSI juga mencatatkan total aset sebesar Rp234,4 triliun, naik 12,65 persen secara year on year (yoy) dibanding periode sama 2020 sebesar Rp208,1 triliun. Perseroan juga mencatat kenaikan rasio permodalan atau CAR menjadi 23,1 persen di kuartal I 2021.

"Alhamdulillah, ini pertama kali di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Jokowi Indonesia mempunyai BSI yang masuk 10 besar bank di Indonesia," ujar Erick. 

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: